Implementasi Metode Pembelajaran Make A Match Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Energi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Kebak Kecamatan Jumantono Tahun Pelajaran 2012/2013

Main Author: Muzayanah, Muzayanah
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/23067/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23067/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23067/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23067/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23067/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23067/6/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23067/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23067/10/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23067/11/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23067/
Daftar Isi:
  • Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi Energi melalui implementasi metode pembelajaran make a match pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Kebak kecamatan Jumantono Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 01 Kebak Jumantono tahun pelajaran 2012/2013. Objek penelitian ini adalah pembelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 01 Kebak. Data dikumpulkan melalui metode observasi, dokumentasi, dan tes. Rancangan penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan analisis data hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 01 Kebak melalui penerapan metode make a match pada siklus I sebesar 72,7% dan meningkat serta mencapai hasil optimal pada siklus II sebesar 90,9%.