Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pkn Dengan Metode Jig Saw Pada Kelas V Semester I Tentang Peraturan Perundang – Undangan Di SDN 01 Doplang, Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013
Main Author: | Rokhani, Siti |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/23066/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23066/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/23066/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/23066/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/23066/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/23066/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/23066/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/23066/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/23066/9/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/23066/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Jigsaw dalam peningkatan hasil belajar PKn materi peraturan perundang-undangan pada siswa kelas V SDN 01 Doplang Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan,yaitu perencanaan tindakan (planning), penerapan tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Indikator kinerja yang digunakan adalah indikator kualitatif yang berupa keantusiasan, keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran dan indikator kuantitatif yang berupa besarnya nilai ujian yang diperoleh siswa.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar PKN pada kelas V SDN 01 Doplang yaitu terbukti dengan rata-rata prestasi belajar PKn yang dicapai siswa pra tindakan 66,03 dengan ketuntasan 48,38%, pada siklus I meningkat menjadi 77,09 dengan ketuntasan 77,85%, dan siklus II terjadi peningkatan secara signifikan yaitu 82,67 dengan ketuntasan 93,52%.Penelitian menyimpulkan bahwa metode Jigsaw mampu meningkatkan hasil belajar PKn materi peraturan perundang-undangan.