ctrlnum 23037
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/23037/</relation><title>Peningkatan Kemampuan Pemahaman Materi IPS Melalui Metode Make A Match Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Sringin Jumantono Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013&#xD; </title><creator>Sariyem, Sariyem</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman materi IPS konsep Aktivitas Ekonomi melalui metode pembelajaran make a match pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Sringin Jumantono tahun pelajaran 2012/2013.&#xD; Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 03 Sringin Jumantono. Objek penelitian ini adalah pembelajaran kemampuan pemahaman materi siswa. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi, observasi, dan tes. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus terdiri dari dua siklus, dengan teknik analisis data interaktif. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.&#xD; Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman materi IPS melalui penerapan metode pembelajaran make a match pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Sringin Jumantono. Persentase kemampuan pemahaman materi IPS siswa pada siklus I adalah 73% dan meningkat pada siklus II sebesar 93% memenuhi indikator kinerja penelitian.</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23037/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23037/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23037/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23037/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23037/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23037/8/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23037/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23037/11/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/23037/15/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Sariyem, Sariyem (2013) Peningkatan Kemampuan Pemahaman Materi IPS Melalui Metode Make A Match Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Sringin Jumantono Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A54A100062</relation><recordID>23037</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Sariyem, Sariyem
title Peningkatan Kemampuan Pemahaman Materi IPS Melalui Metode Make A Match Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Sringin Jumantono Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013
publishDate 2013
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/23037/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23037/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23037/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23037/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23037/6/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23037/8/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23037/10/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23037/11/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23037/15/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/23037/
contents Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemahaman materi IPS konsep Aktivitas Ekonomi melalui metode pembelajaran make a match pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Sringin Jumantono tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 03 Sringin Jumantono. Objek penelitian ini adalah pembelajaran kemampuan pemahaman materi siswa. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi, observasi, dan tes. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus terdiri dari dua siklus, dengan teknik analisis data interaktif. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemahaman materi IPS melalui penerapan metode pembelajaran make a match pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Sringin Jumantono. Persentase kemampuan pemahaman materi IPS siswa pada siklus I adalah 73% dan meningkat pada siklus II sebesar 93% memenuhi indikator kinerja penelitian.
id IOS2728.23037
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:45:02Z
last_indexed 2016-09-22T02:45:04Z
recordtype dc
_version_ 1765810741649080320
score 17.538404