Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan metode Guided Note Taking pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Jatipuro tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian dilakukan dengan menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 03 Jatipuro tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 25 siswa. Objek penelitian ini adalah pembelajaran IPS materi Koperasi. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes tertulis. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflecting). Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif mempunyai empat buah komponen pokok yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Indikator pencapaian dalam penelitian ini adalah 85% siswa kelas IV SD Negeri 03 Jatipuro memperoleh nilai IPS memenuhi KKM yaitu nilai ≥ 70. Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPS melalui penerapan metode pembelajaran Guided Note Taking pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Jatipuro tahun pelajaran 2011/2012 dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I 68% dan meningkat serta mencapai hasil optimal pada siklus II sebesar 92%.