Penerapan Students Teams Achievement Divisions (StAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Daur Hidup Hewan Bagi Siswa Kelas IV Semester I SDN 02 Karangbangun Kecamatan Matesih Tahun Pelajaran 2012/2013

Main Author: Sugiyatmi, Sugiyatmi
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/22932/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22932/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22932/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22932/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22932/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22932/6/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22932/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22932/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22932/9/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22932/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran IPA melalui metode Student Teams Achievement Divisions ( STAD) bagi siswa kelas IV SD N 02 Karangbangun Kecamatam Matesih Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2012 / 2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tehnik wawancara, test, observasi, catatan lapangan.Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis interaktif yang mempunyai empat komponen yaitu, pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun prosedur penelitian dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Berdasarkan hasil penelitian pada kegiatan pembelajaran terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebelum dilakukan penelitian tindakan kelas diperoleh data 46,4% yang sudah memenuhi ketuntasan belajar, sedangkan 53,6% belum memenuhi ketuntasan belajar. Pada siklus I persentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 78,57 %, sedangkan pada siklus II ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 96,42%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya, dan dapat memenuhi nilai KKM (70). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode students teams achievement divisions (stad) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV semester I SD N 02 Karangbangun.