Penggunaan Strategi Pembelajaran Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Materi Penyesuaian Diri Makhluk Hidup Terhadap Lingkungannya Bagi Siswa Kelas V Semester I SDN 02 Karangbangun Kecamatan Matesih Tahun Pelajaran 2012/2013

Main Author: Susiani, Umi
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/22931/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22931/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22931/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22931/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22931/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22931/6/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22931/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22931/8/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22931/9/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22931/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPA melalui strategi pembelajaran Make a Match bagi siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 02 Karangbangun Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar pada Tahun Pelajaran 2012 / 2013 . Jenis penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Rancangan penelitian terdiri dari dua siklus. Masingmasing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, tes, wawancara, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis interaktif yang terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian pada kegiatan pembelajaran terjadi peningkatan hasil belajar IPA yang KKM-nya 70 diperoleh data ketuntasan belajar siswa 12 (44%) siswa pada pra siklus, kemudian meningkat menjadi 21 (77%) siswa pada siklus I, dan meningkat menjadi 25 (93%) siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu mencapai nilai