Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Ii Dengan Penerapan Media Gambar Dan Huruf Di SD Negeri 03 Dawung Matesih Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013
Main Author: | Sukatmi, Sri |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/22930/1/HALAMAH_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/22930/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/22930/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/22930/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/22930/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/22930/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/22930/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/22930/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/22930/9/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/22930/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan ketrampilan membaca siswa kelas II dengan penerapan media gambar dan huruf di SD Negeri 03 Dawung Matesih tahun 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan, tiap pertemuan melalui empat tahapan yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan refleksi (reflecting). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 03 Dawung Matesih, yang berjumlah 16 siswa dan guru sebagai peneliti. Dan Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, tes catatan lapangan dan dokumentasi. Sedangkan Metode analisis data dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif yang terdiri dari empat tahap, yaitu tahap pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan ketrampilan membaca siswa kelas II dengan penerapan media gambar dan huruf dari nilai prasiklus, siklus I sampai dengan siklus II. Dari pelaksanaan penelitian siklus I diperoleh hasil bahwa secara individu masih banyak siswa yang mendapatkan nilai dibawah KKM yang ditentukan, yaitu 69,81 dengan prosentase ketuntasan klasikal sebesar 50%. Nilai rata-rata pada pra siklus adalah 68,44 dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata nilai 79,56 dengan prosentase ketuntasan klasikal 87,5%. Jadi. Peningkatan keterampilan membaca siswa juga diikuti dengan perubahan tingkah laku negative menjadi tingkah laku positif. Pada siklus II siswa telah menunjukkan peningkatan keterampilan membaca dengan dibuktikannya hasil belajar yang memenuhi nilai KKM dan batas minimal prosentase ketuntasan yaitu 80%.