Upaya Mengembangkan Kemampuan Interaksi Sosial Anak Melalui Pembelajaran Kooperatif Pada Anak Kelompok A Di Tk Pertiwi Segaran Delanggu Klaten Tahun Ajaran 2012 / 2013
Main Author: | Puspasari, Ika |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/22922/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/22922/2/04._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/22922/3/05.__BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/22922/4/06._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/22922/5/07._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/22922/6/08._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/22922/7/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/22922/8/10._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/22922/9/02._Naskah_Publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/22922/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan tujuan untuk memperbaiki mutu pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini, secara khusus adalah untuk mengembangkan kemampuan interaksi sosial anak melalui pembelajaran kooperatif pada anak kelompok A di TK Pertiwi Segaran Delanggu Klaten Tahun Ajaran 2012 / 2013. Subjek penelitian adalah anak didik kelompok A sejumlah 12 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, interview dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif komparatif. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan membandingkan hasil pada setiap siklus untuk mengetahui perkembangan kemampuan interaksi sosial anak pada setiap siklus. Pelaksanaan tindakan dilaksanakan dalam 3 siklus. Hasil yang diperoleh menunjukkan ada peningkatan kemampuan interaksi sosial anak melalui pembelajaran kooperatif, yaitu kemampuan interaksi sosial anak pada pra siklus sebesar 40,10%, siklus I sebesar 60,42%, siklus II sebesar 73.18% dan siklus III mencapai 83,85%. Maka kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif dapat mengembangkan kemampuan interaksi sosial anak.