Pengembangan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain Dengan Teknik Kolase Pada Anak Didik Kelompok B Tk 01 Ngemplak Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Main Author: RUSMAWATI , NI MADE
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/22912/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22912/4/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22912/5/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22912/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22912/9/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22912/14/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22912/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22912/17/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22912/22/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22912/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilaksanakan untuk mengembangkan kreativitas anak TK 01 Ngemplak, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013 melalui kegiatan bermain dengan teknik kolase. Penelitian ini dilaksanakan selama 4 bulan mulai bulan November 2012 sampai bulan Februari 2013 dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK 01 Ngemplak. Data yang dikumpukan berupa kreativitas anak dan proses penerapan kegiatan bermain dengan teknik kolase dalam pembelajaran. Data dianalisis dengan metode komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas anak melalui kegiatan bermain dengan media teknik kolase mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hal ini dapat terbukti bahwa terjadi peningkatan rata-rata prosentase pencapaian dari siklus I sampai dengan siklus II. Rata-rata pencapaian kreativitas anak meningkat dari prasiklus 45% menjadi 63,33% pada siklus I, Siklus II manjadi 83,16%. Jumlah anak yang mencapai prosentase keberhasilan 75% juga meningkat dari 6,67% di prasiklus, 20% di siklus I, dan 86,66 di siklus II. Dengan demikian didapat kesimpulan dari penelitian ini bahwa kegiatan bermain dengan teknik kolase dapat mengembangkan kreativitas anak kelompok B TK 01 Ngemplak. Jumlah anak yang mencapai prosentase pencapaian telah memenuhi indikator pencapaian yaitu apabila sekurangnya 75% anak mampu mencapai posentase pencapaian sebesar 75%.