Penerapan Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Partisipasi Siswa Pada Pembelajaran IPA KELAS V SD Negeri 1 Jepang Kudus Tahun Ajaran 2012/ 2013
Main Author: | Setiawan, Riza Ahmad |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/22904/1/03_HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/22904/3/04_BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/22904/4/05_BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/22904/5/06_BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/22904/7/07_BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/22904/8/08_BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/22904/9/09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/22904/12/10_LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/22904/13/02_JURNAL_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/22904/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Partisipasi siswa dalam Pembelajaran IPA menggunakan strategi pembelajaran everyone is a teacher here. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SDN 1 Jepang Kudus yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Validitas yang digunakan adalah validitas data dan validitas instrumen. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi metode dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan partisipasi siswa dalam pembelajaran IPA. Peningkatan partisipasi siswa tersebut terlihat dalam 4 indikator yaitu mengajukan pertanyaan, menjawab, menanggapi dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh: 1) Banyaknya siswa yang mengajukan pertanyaan pada kondisi awal sebesar 21,87% dan diakhir tindakan menjadi sebesar 75%. 2) Banyaknya siswa yang menjawab pertanyaan pada kondisi awal sebesar 21,87% dan diakhir tindakan menjadi sebesar 81,25%. 3) Banyaknya siswa yang memberikan tanggapan pada kondisi awal sebesar 18,75% dan diakhir tindakan menjadi sebesar 78,12%. 4) Banyaknya siswa yang menarik kesimpulan pada kondisi awal sebesar 28,12% dan diakhir tindakan menjadi sebesar 87,5%. Jadi secara keseluruhan partisipasi siswa mengalami peningkatan menjadi 80,46%. Peningkatan partisipasi siswa juga mempengaruhi hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa yang mencapai KKM pada kondisi awal 53,13% dan di akhir tindakan menjadi 87,5%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dapat meningkatkan partisipasi siswa pada pembelajaran IPA kelas V SD Negeri 1 Jepang kudus tahun ajaran 2012/ 2013