Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui apakah strategi pembelajaran active learning tipe assesment search dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada siswa kelas VI di SD Negeri 02 Lemahbang Kabupaten Karanganyar. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas . Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VI SD Negeri 02 Lemahbang Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 36 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi: pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa mengalami peningkatan yang signifikan dari sebelum pelaksanan tindakan sampai pelaksanaan siklus II pertemuan kedua dari 8 atau 21% sampai menjadi 34 atau 94% siswa yang berani menyatakan pendapat. Dari 8 atau 22% sampai menjadi 30 atau 83 % siswa yang berani bertanya. Dari 17 atau 47% sampai menjadi 32 atau 88% siswa yang mau melakukan diskusi. Dari 10 atau 28% sampai menjadi 30 atau 83% siswa yang mau mendengarkan penjelasan. Dari 15 atau 41% sampai menjadi 32 atau 88% siswa yang berani menanggapi jawaban. Sedangkan ditinjau dari hasil belajar siswa yang berkaitan dengan ketuntasan belajar dalam mencapai kriteria ketuntasan minimal sebesar ≥ 70 dalam proses pembelajaran PKn melalui penerapan Strategi pembelajaran active learning tipe assesment search yaitu, hasil belajar siswa sebelum dilaksanakan tindakan sebesar 39% atau sebanyak 14 siswa sampai pada siklus II pertemuan kedua menjadi sebesar 92% atau sebanyak 33 siswa. Berdasarkan hasil perolehan tersebut hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan dari sebelum pelaksanaan tindakan sampai pelaksanaan siklus II sebesar 53% atau sebanyak 19 siswa.