ctrlnum 22878
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/22878/</relation><title>Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Materi Pangkat Tak Sebenarnya (PTK pada Siswa Kelas IX SMP MUHAMMADIYAH 11 Kedawung)</title><creator>Budiarto, Fytriyanto Wisnu</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian dilakukan pada awal semester genap tahun ajaran 2012/2013, dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas IX C SMP Muhammadiyah 11 Kedawung sebanyak 26 siswa. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran think pair share pada materi pembelajaran Pangkat Tak Sebenarnya. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua putaran dengan putaran pertama diberikan strategi diskusi, sedangkan pada putaran kedua dengan strategi diskusi dan presentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dari indikator-indikator kemampuan pemahaman konsep, yaitu: (1) kemampuan menjawab pertanyaan yang diberikan guru dengan benar mengalami peningkatan dari 19,23% menjadi 80,76%, (2) kemampuan memberikan tanggapan dari guru maupun teman saat proses pembelajaran berlangsung mengalami peningkatan dari 11,54% menjadi 65,78%, (3) kemampuan penerapan konsep yang telah dipelajari dengan benar mengalami peningkatan dari 7,69% menjadi 57,69%, dan (4) kemampuan membuat kesimpulan dari hasil pembelajaran yang dilakukan mengalami peningkatan dari 7,92% menjadi 69,23%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas IX C SMP Muhammadiyah 11 Kedawung</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22878/1/Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22878/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22878/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22878/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22878/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22878/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22878/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22878/17/Lampiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22878/20/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Budiarto, Fytriyanto Wisnu (2013) Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Materi Pangkat Tak Sebenarnya (PTK pada Siswa Kelas IX SMP MUHAMMADIYAH 11 Kedawung). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410090125</relation><recordID>22878</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Budiarto, Fytriyanto Wisnu
title Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Materi Pangkat Tak Sebenarnya (PTK pada Siswa Kelas IX SMP MUHAMMADIYAH 11 Kedawung)
publishDate 2013
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/22878/1/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22878/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22878/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22878/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22878/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22878/6/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22878/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22878/17/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22878/20/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22878/
contents Penelitian dilakukan pada awal semester genap tahun ajaran 2012/2013, dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas IX C SMP Muhammadiyah 11 Kedawung sebanyak 26 siswa. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran think pair share pada materi pembelajaran Pangkat Tak Sebenarnya. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua putaran dengan putaran pertama diberikan strategi diskusi, sedangkan pada putaran kedua dengan strategi diskusi dan presentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dari indikator-indikator kemampuan pemahaman konsep, yaitu: (1) kemampuan menjawab pertanyaan yang diberikan guru dengan benar mengalami peningkatan dari 19,23% menjadi 80,76%, (2) kemampuan memberikan tanggapan dari guru maupun teman saat proses pembelajaran berlangsung mengalami peningkatan dari 11,54% menjadi 65,78%, (3) kemampuan penerapan konsep yang telah dipelajari dengan benar mengalami peningkatan dari 7,69% menjadi 57,69%, dan (4) kemampuan membuat kesimpulan dari hasil pembelajaran yang dilakukan mengalami peningkatan dari 7,92% menjadi 69,23%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas IX C SMP Muhammadiyah 11 Kedawung
id IOS2728.22878
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:44:58Z
last_indexed 2016-09-22T02:44:59Z
recordtype dc
_version_ 1765810740545978368
score 17.538404