Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Materi Pangkat Tak Sebenarnya (PTK pada Siswa Kelas IX SMP MUHAMMADIYAH 11 Kedawung)
Main Author: | Budiarto, Fytriyanto Wisnu |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/22878/1/Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/22878/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/22878/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/22878/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/22878/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/22878/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/22878/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/22878/17/Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/22878/20/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/22878/ |
ctrlnum |
22878 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/22878/</relation><title>Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Materi Pangkat Tak Sebenarnya (PTK pada Siswa Kelas IX SMP MUHAMMADIYAH 11 Kedawung)</title><creator>Budiarto, Fytriyanto Wisnu</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian dilakukan pada awal semester genap tahun ajaran 2012/2013, dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas IX C SMP Muhammadiyah 11 Kedawung sebanyak 26 siswa. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran think pair share pada materi pembelajaran Pangkat Tak Sebenarnya. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua putaran dengan putaran pertama diberikan strategi diskusi, sedangkan pada putaran kedua dengan strategi diskusi dan presentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dari indikator-indikator kemampuan pemahaman konsep, yaitu: (1) kemampuan menjawab pertanyaan yang diberikan guru dengan benar mengalami peningkatan dari 19,23% menjadi 80,76%, (2) kemampuan memberikan tanggapan dari guru maupun teman saat proses pembelajaran berlangsung mengalami peningkatan dari 11,54% menjadi 65,78%, (3) kemampuan penerapan konsep yang telah dipelajari dengan benar mengalami peningkatan dari 7,69% menjadi 57,69%, dan (4) kemampuan membuat kesimpulan dari hasil pembelajaran yang dilakukan mengalami peningkatan dari 7,92% menjadi 69,23%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas IX C SMP Muhammadiyah 11 Kedawung</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22878/1/Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22878/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22878/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22878/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22878/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22878/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22878/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22878/17/Lampiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22878/20/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Budiarto, Fytriyanto Wisnu (2013) Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Materi Pangkat Tak Sebenarnya (PTK pada Siswa Kelas IX SMP MUHAMMADIYAH 11 Kedawung). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A410090125</relation><recordID>22878</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Budiarto, Fytriyanto Wisnu |
title |
Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Materi Pangkat Tak Sebenarnya (PTK pada Siswa Kelas IX SMP MUHAMMADIYAH 11 Kedawung) |
publishDate |
2013 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/22878/1/Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/22878/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/22878/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/22878/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/22878/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/22878/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/22878/15/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/22878/17/Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/22878/20/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/22878/ |
contents |
Penelitian dilakukan pada awal semester genap tahun ajaran 2012/2013, dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas IX C SMP Muhammadiyah 11 Kedawung sebanyak 26 siswa. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran think pair share pada materi pembelajaran Pangkat Tak Sebenarnya. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua putaran dengan putaran pertama diberikan strategi diskusi, sedangkan pada putaran kedua dengan strategi diskusi dan presentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dari indikator-indikator kemampuan pemahaman konsep, yaitu: (1) kemampuan menjawab pertanyaan yang diberikan guru dengan benar mengalami peningkatan dari 19,23% menjadi 80,76%, (2) kemampuan memberikan tanggapan dari guru maupun teman saat proses pembelajaran berlangsung mengalami peningkatan dari 11,54% menjadi 65,78%, (3) kemampuan penerapan konsep yang telah dipelajari dengan benar mengalami peningkatan dari 7,69% menjadi 57,69%, dan (4) kemampuan membuat kesimpulan dari hasil pembelajaran yang dilakukan mengalami peningkatan dari 7,92% menjadi 69,23%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas IX C SMP Muhammadiyah 11 Kedawung |
id |
IOS2728.22878 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:44:58Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:44:59Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810740545978368 |
score |
17.538404 |