Penerapan Strategi Pembelajaran Scramble dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pelajaran IPS Kelas IV SDN Baleharjo 2 Tahun Ajaran 2012/ 2013
Main Author: | Estikawati, Estikawati |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/22867/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/22867/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/22867/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/22867/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/22867/6/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/22867/7/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/22867/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/22867/10/JURNAL_SKRIPSI.pdf http://eprints.ums.ac.id/22867/12/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/22867/ |
ctrlnum |
22867 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/22867/</relation><title>Penerapan Strategi Pembelajaran Scramble dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pelajaran IPS Kelas IV SDN Baleharjo 2 Tahun Ajaran 2012/ 2013</title><creator>Estikawati, Estikawati</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Keaktifan siswa merupakan salah satu hal penting dalam suatu proses
pembelajaran, karena dengan adanya keaktifan siswa tujuan pembelajaran akan
tercapai dengan maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
peningkatan keaktifan siswa pada pelajaran IPS melalui penerapan strategi
pembelajaran Scramble. Jenis penelitian ini termasik Penelitian Tindakan Kelas.
Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Penelitian ini diawali dengan
kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Tehnik pengumpulan
data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Tehnik
analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah terjadinya peningkatan
keaktifan dan hasil belajar siswa. Peningkatan keaktifan siswa dari prasiklus yang
aktif hanya 5 siswa (17,24 %). Siswa aktif mengerjakan soal dalam kelompok.
Siswa bertanya dan menjawab pertanyaan, dan siswa aktif dalam membuat
kesimpulan. Pada siklus I pertemuan pertama 7 siswa (24,14 %), pertemuan kedua
11 siswa (37,93 %), siklus II pertemuan pertama 18 siswa (62,07 %), siklus II
pertemuan kedua meningkat mencapai 25 siswa (86,21 %). Dengan meningkatnya
keaktifan siswa maka meningkat pula hasil belajar siswa. Peningkatan yang terjadi
yaitu pada prasiklus siswa yang hasil belajarnya mencapai KKM hanya 5 siswa
(17,24 %), siklus I pertemuan pertama 8 siswa (27,59 %), siklus I pertemuan
kedua 13 siswa (44,83 %), siklus II pertemuan pertama 20 siswa (68,97 %) siklus
II pertemuan kedua meningkat menjadi 25 siswa (86,21 %). Dengan demikian
dapat diambil kesimpulan bahwa strategi pembelajaran Scramble dapat
meningkatkan keaktifan siswa pada pelajaran IPS kelas IV SDN Baleharjo 2 tahun
ajaran 2012/ 2013.
</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22867/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22867/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22867/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22867/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22867/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22867/7/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22867/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22867/10/JURNAL_SKRIPSI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22867/12/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Estikawati, Estikawati (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran Scramble dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pelajaran IPS Kelas IV SDN Baleharjo 2 Tahun Ajaran 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510090185</relation><recordID>22867</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Estikawati, Estikawati |
title |
Penerapan Strategi Pembelajaran Scramble dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pelajaran IPS Kelas IV SDN Baleharjo 2 Tahun Ajaran 2012/ 2013 |
publishDate |
2013 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/22867/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/22867/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/22867/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/22867/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/22867/6/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/22867/7/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/22867/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/22867/10/JURNAL_SKRIPSI.pdf http://eprints.ums.ac.id/22867/12/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/22867/ |
contents |
Keaktifan siswa merupakan salah satu hal penting dalam suatu proses
pembelajaran, karena dengan adanya keaktifan siswa tujuan pembelajaran akan
tercapai dengan maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
peningkatan keaktifan siswa pada pelajaran IPS melalui penerapan strategi
pembelajaran Scramble. Jenis penelitian ini termasik Penelitian Tindakan Kelas.
Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Penelitian ini diawali dengan
kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Tehnik pengumpulan
data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Tehnik
analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah terjadinya peningkatan
keaktifan dan hasil belajar siswa. Peningkatan keaktifan siswa dari prasiklus yang
aktif hanya 5 siswa (17,24 %). Siswa aktif mengerjakan soal dalam kelompok.
Siswa bertanya dan menjawab pertanyaan, dan siswa aktif dalam membuat
kesimpulan. Pada siklus I pertemuan pertama 7 siswa (24,14 %), pertemuan kedua
11 siswa (37,93 %), siklus II pertemuan pertama 18 siswa (62,07 %), siklus II
pertemuan kedua meningkat mencapai 25 siswa (86,21 %). Dengan meningkatnya
keaktifan siswa maka meningkat pula hasil belajar siswa. Peningkatan yang terjadi
yaitu pada prasiklus siswa yang hasil belajarnya mencapai KKM hanya 5 siswa
(17,24 %), siklus I pertemuan pertama 8 siswa (27,59 %), siklus I pertemuan
kedua 13 siswa (44,83 %), siklus II pertemuan pertama 20 siswa (68,97 %) siklus
II pertemuan kedua meningkat menjadi 25 siswa (86,21 %). Dengan demikian
dapat diambil kesimpulan bahwa strategi pembelajaran Scramble dapat
meningkatkan keaktifan siswa pada pelajaran IPS kelas IV SDN Baleharjo 2 tahun
ajaran 2012/ 2013.
|
id |
IOS2728.22867 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:44:58Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:44:59Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810740508229632 |
score |
17.538404 |