ctrlnum 22867
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/22867/</relation><title>Penerapan Strategi Pembelajaran Scramble dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pelajaran IPS Kelas IV SDN Baleharjo 2 Tahun Ajaran 2012/ 2013</title><creator>Estikawati, Estikawati</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Keaktifan siswa merupakan salah satu hal penting dalam suatu proses&#xD; pembelajaran, karena dengan adanya keaktifan siswa tujuan pembelajaran akan&#xD; tercapai dengan maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui&#xD; peningkatan keaktifan siswa pada pelajaran IPS melalui penerapan strategi&#xD; pembelajaran Scramble. Jenis penelitian ini termasik Penelitian Tindakan Kelas.&#xD; Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Penelitian ini diawali dengan&#xD; kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Tehnik pengumpulan&#xD; data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Tehnik&#xD; analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan&#xD; penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah terjadinya peningkatan&#xD; keaktifan dan hasil belajar siswa. Peningkatan keaktifan siswa dari prasiklus yang&#xD; aktif hanya 5 siswa (17,24 %). Siswa aktif mengerjakan soal dalam kelompok.&#xD; Siswa bertanya dan menjawab pertanyaan, dan siswa aktif dalam membuat&#xD; kesimpulan. Pada siklus I pertemuan pertama 7 siswa (24,14 %), pertemuan kedua&#xD; 11 siswa (37,93 %), siklus II pertemuan pertama 18 siswa (62,07 %), siklus II&#xD; pertemuan kedua meningkat mencapai 25 siswa (86,21 %). Dengan meningkatnya&#xD; keaktifan siswa maka meningkat pula hasil belajar siswa. Peningkatan yang terjadi&#xD; yaitu pada prasiklus siswa yang hasil belajarnya mencapai KKM hanya 5 siswa&#xD; (17,24 %), siklus I pertemuan pertama 8 siswa (27,59 %), siklus I pertemuan&#xD; kedua 13 siswa (44,83 %), siklus II pertemuan pertama 20 siswa (68,97 %) siklus&#xD; II pertemuan kedua meningkat menjadi 25 siswa (86,21 %). Dengan demikian&#xD; dapat diambil kesimpulan bahwa strategi pembelajaran Scramble dapat&#xD; meningkatkan keaktifan siswa pada pelajaran IPS kelas IV SDN Baleharjo 2 tahun&#xD; ajaran 2012/ 2013.&#xD; </description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22867/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22867/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22867/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22867/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22867/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22867/7/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22867/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22867/10/JURNAL_SKRIPSI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22867/12/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Estikawati, Estikawati (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran Scramble dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pelajaran IPS Kelas IV SDN Baleharjo 2 Tahun Ajaran 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510090185</relation><recordID>22867</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Estikawati, Estikawati
title Penerapan Strategi Pembelajaran Scramble dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pelajaran IPS Kelas IV SDN Baleharjo 2 Tahun Ajaran 2012/ 2013
publishDate 2013
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/22867/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22867/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22867/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22867/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22867/6/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22867/7/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22867/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22867/10/JURNAL_SKRIPSI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22867/12/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22867/
contents Keaktifan siswa merupakan salah satu hal penting dalam suatu proses pembelajaran, karena dengan adanya keaktifan siswa tujuan pembelajaran akan tercapai dengan maksimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa pada pelajaran IPS melalui penerapan strategi pembelajaran Scramble. Jenis penelitian ini termasik Penelitian Tindakan Kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Penelitian ini diawali dengan kegiatan perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Tehnik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah terjadinya peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa. Peningkatan keaktifan siswa dari prasiklus yang aktif hanya 5 siswa (17,24 %). Siswa aktif mengerjakan soal dalam kelompok. Siswa bertanya dan menjawab pertanyaan, dan siswa aktif dalam membuat kesimpulan. Pada siklus I pertemuan pertama 7 siswa (24,14 %), pertemuan kedua 11 siswa (37,93 %), siklus II pertemuan pertama 18 siswa (62,07 %), siklus II pertemuan kedua meningkat mencapai 25 siswa (86,21 %). Dengan meningkatnya keaktifan siswa maka meningkat pula hasil belajar siswa. Peningkatan yang terjadi yaitu pada prasiklus siswa yang hasil belajarnya mencapai KKM hanya 5 siswa (17,24 %), siklus I pertemuan pertama 8 siswa (27,59 %), siklus I pertemuan kedua 13 siswa (44,83 %), siklus II pertemuan pertama 20 siswa (68,97 %) siklus II pertemuan kedua meningkat menjadi 25 siswa (86,21 %). Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa strategi pembelajaran Scramble dapat meningkatkan keaktifan siswa pada pelajaran IPS kelas IV SDN Baleharjo 2 tahun ajaran 2012/ 2013.
id IOS2728.22867
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:44:58Z
last_indexed 2016-09-22T02:44:59Z
recordtype dc
_version_ 1765810740508229632
score 17.538404