Implementasi Pendidikan Karakter Dan Budaya Bangsa Dalam Pembelajaran Pkn( Studi Kasus di Kelas V SD N Wirun )
Main Author: | Mayasita, Erina |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/22863/1/2._Halaman_Depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/22863/2/3._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/22863/3/4._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/22863/5/5._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/22863/9/6._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/22863/6/7._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/22863/10/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/22863/12/11._Naskah_Publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/22863/15/9._Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/22863/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) perencanaan penerapan pendidikan karakter dan budaya bangsa dalam pembelajaran PKn terhadap siswa kelas V SD Negeri Wirun, (2) Mengetahui pelaksanaan pendidikan karakter dan budaya bangsa dalam pembelajaran PKn terhadap siswa kelas V SD Negeri Wirun, (3) Mengetahui evaluasi pendidikan karakter dan budaya bangsa dalam pembelajaran PKn terhadap siswa kelas V SD Negeri Wirun. Bentuk penelitian ini adalah deskripsif kualitatif dengan menggunakan studi kasus. Sumber data terdiri atas informan, tempat (peristiwa), dan dokumen. Teknik atau metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Wawancara mendalam, (2) Observasi langsung yang dilakukan dengan observasi berperan pasif, (3) Studi dokumen. Informan dipilih sesuai dengan permasalahan yang dikaji. Untuk menguji validitas data digunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang meliputi tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, penarikan simpulan atau verivikasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Perencanaan pendidikan karakter dan budaya bangsa dalam pembelajaran PKn dengan menggunakan RPP dalam melaksanakan proses pembelajaran serta mencantumkan karakter yang akan ditanamkan dalam RPP tersebut, (2) Pelaksanaan pendidikan karakter dan budaya bangsa dalam pembelajaran PKn dapat dilakukan di dalam ataupun di luar kelas, (3) Evaluasi pendidikan karakter dan budaya bangsa dalam pembelajaran PKn adalah dengan melihat nilai akademik serta nilai non akademik siswa.