Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar ekonomi dengan penerapan metode numbered head together pada peserta didik kelas X 2 SMA BATIK 2 Surakarta tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dua siklus dimana masing-masing siklus dilalui dengan empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi; dan (4) refleksi tindakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X 2 SMA BATIK 2 Surakarta yang berjumlah 34 siswa. Objek penelitian pada penelitian tindakan ini adalah berbagai kegiatan yang terjadi di dalam kelas selama berlangsungnya proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaborasi bersama guru mata pelajaran ekonomi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu penerapan metode numbered head together dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas X 2 SMA BATIK 2 Surakarta tahun ajaran 2011/2012. Hal tersebut didukung oleh fakta-fakta sebagai berikut: (1) Keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan atau ide dalam diskusi kelas menunjukkan peningkatan dari 20,68% atau 6 siswa pada siklus I, menjadi 27,58 % atau 8 siswa pada siklus II; (2) Keaktifan siswa dalam mengutarakan pendapat menunjukkan peningkatan dari 17,24% atau 5 siswa pada siklus I menjadi 20,68% atau 6 siswa pada siklus II; (3) Keaktifan siswa dalam kelompok,in teraksi antar siswa juga menunjukkan peningkatan dari 31,03% atau 9 siswa pada siklus I menjadi 34,48% atau 10 siswa pada siklus II; (4) Adanya peningkatan pencapaian hasil belajar siswa dari 27,57% atau 8 siswa pada saat pra kondisi menjadi 68,95% atau 20 siswa pada siklus I dan menjadi 82,74 % atau 24 siswa pada siklus II.