Pengaruh Pemberian Tugas Dan Kreativitas Guru Dalam Mengajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Banyudono Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013

Main Author: Nugraheni, Meyda Mustika
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/22854/1/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22854/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22854/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22854/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22854/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22854/6/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22854/7/Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22854/8/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22854/9/Naskah_Publikasi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22854/
ctrlnum 22854
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/22854/</relation><title>Pengaruh Pemberian Tugas Dan Kreativitas Guru Dalam Mengajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Banyudono Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013</title><creator>Nugraheni, Meyda Mustika </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1.pengaruh pemberian tugas terhadap hasil belajar ekonomi. 2.pengaruh kreativitas guru dalam mengajar terhadap hasil&#xD; belajar ekonomi. 3.pengaruh pemberian tugas dan kreativitas guru dalam mengajar terhadap hasil belajar ekonomi.&#xD; Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1&#xD; Banyudono Boyolali yang jumlahnya 223 siswa. Sampel diambil sebanyak 135 Siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 69,616 + 0, 073 X1 + 0, 131 X2 . Persamaan menunjukkan bahwa hasil belajar ekonomi dipengaruhi oleh variabel pemberian tugas dan kreativitas guru. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Pemberian tugas berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas viii smp negeri 1 banyudono boyolali tahun ajaran 2012/2013. Berdasarkan uji t diperoleh thitung &gt; ttabel, yaitu 2,106 &gt; 1,960 dan nilai probabilitas &lt; 0,05, yaitu 0,027. 2) Kreativitas guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas viii smp negeri 1 banyudono boyolali tahun ajaran 2012/2013. Berdasarkan uji t diperoleh thitung &gt; ttabel, yaitu 2,651 &gt; 1,960 dan nilai probabilitas &lt; 0,05, yaitu 0,010. 3) Pemberian tugas dan kreativitas guru secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas viii smp negeri 1 banyudono boyolali tahun ajaran 2012/2013.Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda (uji F) diketahui&#xD; Fhitung &gt; Ftabel, yaitu 3,281 &gt; 3,000 dan nilai signifikansi &lt; 0,05, yaitu 0,004. 4) Variabel pemberian tugas memberikan sumbangan efektif 8,9%. Variabel kreativitas guru memberikan sumbangan efektif 15,8%. sehingga total sumbangan efektif kedua variabel sebesar 24,7%, sedangkan 75,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. </description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22854/1/Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22854/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22854/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22854/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22854/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22854/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22854/7/Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22854/8/Lampiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22854/9/Naskah_Publikasi.pdf</identifier><identifier> Nugraheni, Meyda Mustika (2013) Pengaruh Pemberian Tugas Dan Kreativitas Guru Dalam Mengajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Banyudono Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A210090048</relation><recordID>22854</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Nugraheni, Meyda Mustika
title Pengaruh Pemberian Tugas Dan Kreativitas Guru Dalam Mengajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Banyudono Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013
publishDate 2013
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/22854/1/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22854/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22854/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22854/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22854/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22854/6/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22854/7/Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22854/8/Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22854/9/Naskah_Publikasi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22854/
contents Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1.pengaruh pemberian tugas terhadap hasil belajar ekonomi. 2.pengaruh kreativitas guru dalam mengajar terhadap hasil belajar ekonomi. 3.pengaruh pemberian tugas dan kreativitas guru dalam mengajar terhadap hasil belajar ekonomi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Banyudono Boyolali yang jumlahnya 223 siswa. Sampel diambil sebanyak 135 Siswa. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 69,616 + 0, 073 X1 + 0, 131 X2 . Persamaan menunjukkan bahwa hasil belajar ekonomi dipengaruhi oleh variabel pemberian tugas dan kreativitas guru. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) Pemberian tugas berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas viii smp negeri 1 banyudono boyolali tahun ajaran 2012/2013. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,106 > 1,960 dan nilai probabilitas < 0,05, yaitu 0,027. 2) Kreativitas guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas viii smp negeri 1 banyudono boyolali tahun ajaran 2012/2013. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,651 > 1,960 dan nilai probabilitas < 0,05, yaitu 0,010. 3) Pemberian tugas dan kreativitas guru secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas viii smp negeri 1 banyudono boyolali tahun ajaran 2012/2013.Berdasarkan hasil uji keberartian regresi linear ganda (uji F) diketahui Fhitung > Ftabel, yaitu 3,281 > 3,000 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,004. 4) Variabel pemberian tugas memberikan sumbangan efektif 8,9%. Variabel kreativitas guru memberikan sumbangan efektif 15,8%. sehingga total sumbangan efektif kedua variabel sebesar 24,7%, sedangkan 75,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
id IOS2728.22854
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:44:58Z
last_indexed 2016-09-22T02:44:59Z
recordtype dc
_version_ 1765810740463140864
score 17.538404