Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Penerapan Metode Teams Games Tournament Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 01 Giriwondo Jumapolo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/202

Main Author: Wahyuningsih, Wahyuningsih
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/22827/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22827/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22827/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22827/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22827/6/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22827/7/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22827/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22827/11/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22827/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22827/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan melalui penerapan metode teams games tournament pada siswa kelas V SD Negeri 01 Giriwondo Kecamatan Jumapolo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 01 Giriwondo. Objek penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar PKn siswa. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi, observasi, dan tes. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus terdiri dari dua siklus, dengan teknik analisis data interaktif. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Dari hasil analisis data menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar PKn siswa melalui penerapan metode pembelajaran teams games tournament pada siswa kelas V SD Negeri 01 Giriwondo Kecamatan Jumapolo Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Metode pembelajaran Teams Games Tournament dapat meningkatkan aktivitas siswa dengan persentase 49,3% pada pra siklus, meningkat menjadi 71,4% pada siklus I dan 85,7% pada siklus II dan hasil belajar siswa dengan persentase 55% pada pra siklus meningkat menjadi 65% pada siklus I dan optimal pada siklus II sebesar 90%.