Daftar Isi:
  • Pendidikan Islam berdasar pada asumsi Ibnu Khaldun yaitu mampu melahirkan masyarakat yang berkebudayaan serta berusaha untuk melestarikan eksistensi masyarakat selanjutnya dengan pengetahuan sehingga pendidikan akan mengarahkan kepada pengembangan sumber daya manusia yang berkualitas agar manusia dapat lebih mengembangkan potensinya dalam mengenal dan mengabdikan dirinya kepada Allah SWT. Namun sebagai sebagai warga negara hendaknya juga berusaha untuk tidak mengenyampingkan Pendidikan Nasional. Ibnu Khaldun dengan segala upaya menemukan Konsep Pendidikan Islam dengan beberapa gagasan diantaranya mengenai belajar yang dikenal sebagai teori malakah, generalisasi, tadarruj, dan kontinuitas, yang hingga kini masih tetap dijadikan pedoman dalam dunia pendidikan. Untuk itu penelitian ini berusaha mengungkap keterkaitan antara Konsep Pendidikan Islam Ibnu Khaldun Dalam Relevansinya Terhadap Pendidikan Nasional. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang alasan yang melatarbelakangi pemikiran Ibnu Khaldun berkenaan dengan konsep pendidikan Islam serta mendeskripsikan relevansi konsep pendidikan Islam Ibnu Khaldun terhadap pendidikan Nasional. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan ( library research ) dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa metode dokumentasi ( documentation research method ) yaitu model penelitian dengan mencari data dengan menggunakan catatan peristiwa yang sudah berlalu berupa karya monumental Ibnu Khaldun. Dari analisa yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwasanya terdapat relevansi konsep pendidikan Islam Ibnu Khaldun terhadap pendidikan Nasional hal ini ditandai antara lain dengan kesamaan konsep bahwa obyek utama pendidikan adalah manusia, di mana manusia itu terdiri dari beberapa unsur dasar yang saling berkaitan dan tidak bisa dipisahkan antara yang satu dengan yang lain.