Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika siswa kelas III SD Negeri 02 Salam melalui penggunaan strategi pembelajaran simulasi transaksi jual beli. Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, analisis dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III SD Negeri 02 Salam. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan wawancara. Instrumen yang digunakan lembar pengamatan, soal tes, dan daftar nilai kelas III SD Negeri 02 Salam. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, displai data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini, data awal siswa yang mencapai ketuntasan minimal adalah 55,6%, pada siklus I hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan minimal meningkat menjadi 72,2%. Pada siklus II hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan minimal meningkat menjadi 94,4%. Yang mana pada siklus II telah mencapai indikator keberhasilan yaitu lebih dari 80% siswa mencapai nilai diatas nilai KKM yaitu = 7,0. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran simulasi transaksi jual beli dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas III SD Negeri 02 Salam Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar.