Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas anak dalam bermain balok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Ar-Rohmah Jaten, Karanganyar tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara anak dan guru. Bermain balok pada anak dengan penerapan metode demonstrasi, teknik analisis data menggunakan tehnik komparatif yaitu membandingkan rata-rata kemampuan anak dengan indikator kinerja persiklus dari pra siklus sampai siklus II dari sebelum tindakan 56,8% siklus I mencapai 69,5% dan pada siklus II mencapai 82,6% berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kreativitas anak di TK Ar- Rohmah Jaten, Karanganyar mengalami peningkatan untuk itu siklus II pertemuan 2 dihentikan. Dengan demikian hipotesis tindakan yang dirumuskan dapat terjawab bahwa melalui bermain balok dapat tmeningkatkan kreativitas anak pada kelompok B TK Ar-rohmah Jaten, Karanganyar tahun ajaran 2012/2013.