Penanaman Nilai Demokrasi Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Karanggede Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013)

Main Author: Avianto, Sigit
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/22658/1/2._HALAMAN_DEPAN_.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22658/2/3._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22658/3/4._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22658/11/5._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22658/14/6._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22658/16/7._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22658/17/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22658/18/9._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22658/20/9rr._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22658/
ctrlnum 22658
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/22658/</relation><title>Penanaman Nilai Demokrasi Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Karanggede Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013)</title><creator>Avianto, Sigit</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah, 1) untuk mendiskripsikan nilai-nilai demokrasi dalam proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Karanggede, Kecamatan Karanggede, Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013, 2) untuk mendiskripsikan upaya penanaman nilai demokrasi yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Karanggede, Kecamatan Karanggede, Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013, 3) untuk mendiskripsikan upaya penanaman nilai demokrasi yang dilakukan murid dalam proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Karanggede, Kecamatan Karanggede, Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan sumber data keadaan benda bergerak dan tidak bergerak yaitu silabus, RPP, berupa orang yaitu guru PKn dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode mengkaji dokumen/simak, observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan dua macam trianggulasi yaitu, pertama trianggulasi sumber data yang berupa informasi dari guru dan siswa. Kedua, trianggulasi teknik atau metode pengumpulan data yang berasal dari hasil mengkaji dokumen/simak, observasi dan wawancara. Metode penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:1) nilai-nilai demokrasi dalam proses pembelajaran PKn yang dilakukan guru dan siswa pada Kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Karanggede, Kecamatan Karanggede, Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013 yaitu kebebasan berpendapat, kebebasan berkelompok, kebebasan berpartisipasi, menghormati orang/kelompok lain, kesetaraan, kerja sama, persaingan, dan kepercayaan,2) upaya penanaman nilai demokrasi yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas VII smp muhammadiyah 8 karanggede Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali yaitu guru memberikan kebebasan pada siswa untuk bertanya maupun mengeluarkan pendapat dalam proses pembelajaran, 3) upaya penanaman nilai demokrasi yang dilakukan murid dalam proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas VII smp muhammadiyah 8 karanggede Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali yaitu siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran.</description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22658/1/2._HALAMAN_DEPAN_.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22658/2/3._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22658/3/4._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22658/11/5._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22658/14/6._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22658/16/7._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22658/17/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22658/18/9._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22658/20/9rr._NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Avianto, Sigit (2013) Penanaman Nilai Demokrasi Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Karanggede Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A220080082</relation><recordID>22658</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Avianto, Sigit
title Penanaman Nilai Demokrasi Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Karanggede Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013)
publishDate 2013
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/22658/1/2._HALAMAN_DEPAN_.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22658/2/3._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22658/3/4._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22658/11/5._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22658/14/6._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22658/16/7._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22658/17/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22658/18/9._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22658/20/9rr._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22658/
contents Tujuan penelitian ini adalah, 1) untuk mendiskripsikan nilai-nilai demokrasi dalam proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Karanggede, Kecamatan Karanggede, Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013, 2) untuk mendiskripsikan upaya penanaman nilai demokrasi yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Karanggede, Kecamatan Karanggede, Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013, 3) untuk mendiskripsikan upaya penanaman nilai demokrasi yang dilakukan murid dalam proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Karanggede, Kecamatan Karanggede, Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan sumber data keadaan benda bergerak dan tidak bergerak yaitu silabus, RPP, berupa orang yaitu guru PKn dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode mengkaji dokumen/simak, observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan dua macam trianggulasi yaitu, pertama trianggulasi sumber data yang berupa informasi dari guru dan siswa. Kedua, trianggulasi teknik atau metode pengumpulan data yang berasal dari hasil mengkaji dokumen/simak, observasi dan wawancara. Metode penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa:1) nilai-nilai demokrasi dalam proses pembelajaran PKn yang dilakukan guru dan siswa pada Kelas VII SMP Muhammadiyah 8 Karanggede, Kecamatan Karanggede, Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013 yaitu kebebasan berpendapat, kebebasan berkelompok, kebebasan berpartisipasi, menghormati orang/kelompok lain, kesetaraan, kerja sama, persaingan, dan kepercayaan,2) upaya penanaman nilai demokrasi yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas VII smp muhammadiyah 8 karanggede Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali yaitu guru memberikan kebebasan pada siswa untuk bertanya maupun mengeluarkan pendapat dalam proses pembelajaran, 3) upaya penanaman nilai demokrasi yang dilakukan murid dalam proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan pada siswa kelas VII smp muhammadiyah 8 karanggede Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali yaitu siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran.
id IOS2728.22658
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:44:52Z
last_indexed 2016-09-22T02:44:53Z
recordtype dc
_version_ 1765810739293978624
score 17.538404