ctrlnum 22624
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/22624/</relation><title>Hubungan Antara Persepsi Terhadap Sertifikasi Akademik Dengan Kompetensi Kepribadian</title><creator>YULI ASTUTI, TIYAS </creator><subject>BF Psychology</subject><description>Dalam konteks pendidikan di Indonesia, persoalan tentang mutu pendidikan di Indonesia telah lama menjadi sorotan dari berbagai perspektif dan cara pandang. Buruknya kemampuan kepribadian guru akan berpengaruh terhadap Proses Belajar Mengajar (PBM) apabila guru memiliki kepribadian yang kurang baik akan berpengaruh pada siswa dalam proses belajar mengajar. Pemerintah mengadakan program sertifikasi guru sebagai upaya peningkatan kualitas mengajar dan kompetensi guru, agar menjadi pendidik yang profesional.&#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara persepsi terhadap sertifikasi akademik dengan kompetensi kepribadian, (2) mengetahui seberapa besar sumbangan efektif antara persepsi terhadap sertifikasi akademik dengan kompetensi kepribadian, (3) mengetahui tingkat persepsi terhadap sertifikasi akademik dan, (4) mengetahui tingkat kompetensi kepribadian. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara persepsi terhadap sertifikasi akademik dengan kompetensi kepribadian. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMP Negeri 1 Sawit, SMP Negeri 2 Sawit, SMP Negeri 3 Sawit dengan ciri-ciri sudah pernah mengikuti sertifikasi. Subjek penelitian berjumlah 90 orang yang ditentukan berdasarkan purposive sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala persepsi terdahap sertifikasi akademik dan skala kompetensi kepribadian. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Product Moment.&#xD; Berdasarkan hasil analisis data menggunakan analisis Product Moment diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,701; p= 0,000 (p &lt; 0,01) hal ini berarti hipotesis yang diajukan penulis diterima yaitu ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi terhadap sertifikasi akademik dengan kompetensi kepribadian. Semakin tinggi persepsi terhadap sertifikasi akademik maka semakin tinggi kompetensi kepribadian dan sebaliknya. Peran atau sumbangan efektif variabel antara persepsi terhadap sertifikasi akademik dengan kompetensi kepribadian sebesar 49,1%. Berdasarkan hasil analisis, diketahui variabel persepsi terhadap sertifikasi akademik tergolong tinggi hal ini ditunjukkan oleh Rerata Empirik sebesar 97,93 dengan Rerata Hipotetik sebesar 77,5. Sedangkan variabel kompetensi kepribadian tergolong tinggi hal ini ditunjukkan oleh Rerata Empirik sebesar 129,58 dan Rerata Hipotetik sebesar 97,5.&#xD; </description><date>2013</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22624/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22624/4/04._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22624/5/05._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22624/7/06._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22624/9/07._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22624/10/08._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22624/11/09._Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22624/14/10._Lampiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22624/16/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> YULI ASTUTI, TIYAS (2013) Hubungan Antara Persepsi Terhadap Sertifikasi Akademik Dengan Kompetensi Kepribadian. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation> F100080077</relation><recordID>22624</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author YULI ASTUTI, TIYAS
title Hubungan Antara Persepsi Terhadap Sertifikasi Akademik Dengan Kompetensi Kepribadian
publishDate 2013
topic BF Psychology
url http://eprints.ums.ac.id/22624/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22624/4/04._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22624/5/05._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22624/7/06._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22624/9/07._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22624/10/08._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22624/11/09._Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22624/14/10._Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22624/16/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22624/
contents Dalam konteks pendidikan di Indonesia, persoalan tentang mutu pendidikan di Indonesia telah lama menjadi sorotan dari berbagai perspektif dan cara pandang. Buruknya kemampuan kepribadian guru akan berpengaruh terhadap Proses Belajar Mengajar (PBM) apabila guru memiliki kepribadian yang kurang baik akan berpengaruh pada siswa dalam proses belajar mengajar. Pemerintah mengadakan program sertifikasi guru sebagai upaya peningkatan kualitas mengajar dan kompetensi guru, agar menjadi pendidik yang profesional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara persepsi terhadap sertifikasi akademik dengan kompetensi kepribadian, (2) mengetahui seberapa besar sumbangan efektif antara persepsi terhadap sertifikasi akademik dengan kompetensi kepribadian, (3) mengetahui tingkat persepsi terhadap sertifikasi akademik dan, (4) mengetahui tingkat kompetensi kepribadian. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara persepsi terhadap sertifikasi akademik dengan kompetensi kepribadian. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMP Negeri 1 Sawit, SMP Negeri 2 Sawit, SMP Negeri 3 Sawit dengan ciri-ciri sudah pernah mengikuti sertifikasi. Subjek penelitian berjumlah 90 orang yang ditentukan berdasarkan purposive sampling. Alat ukur yang digunakan adalah skala persepsi terdahap sertifikasi akademik dan skala kompetensi kepribadian. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan analisis Product Moment diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,701; p= 0,000 (p < 0,01) hal ini berarti hipotesis yang diajukan penulis diterima yaitu ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi terhadap sertifikasi akademik dengan kompetensi kepribadian. Semakin tinggi persepsi terhadap sertifikasi akademik maka semakin tinggi kompetensi kepribadian dan sebaliknya. Peran atau sumbangan efektif variabel antara persepsi terhadap sertifikasi akademik dengan kompetensi kepribadian sebesar 49,1%. Berdasarkan hasil analisis, diketahui variabel persepsi terhadap sertifikasi akademik tergolong tinggi hal ini ditunjukkan oleh Rerata Empirik sebesar 97,93 dengan Rerata Hipotetik sebesar 77,5. Sedangkan variabel kompetensi kepribadian tergolong tinggi hal ini ditunjukkan oleh Rerata Empirik sebesar 129,58 dan Rerata Hipotetik sebesar 97,5.
id IOS2728.22624
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:44:50Z
last_indexed 2016-09-22T02:44:52Z
recordtype dc
_version_ 1765810739165003776
score 17.538404