Penerapan Model Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs (Praktek Berpasangan) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Sdn 02 Malanggaten, Kebakramat, Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Main Author: MARYATUN, MARYATUN
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/22623/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22623/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22623/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22623/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22623/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22623/6/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22623/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22623/10/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22623/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22623/
ctrlnum 22623
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/22623/</relation><title>Penerapan Model Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs (Praktek Berpasangan) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Sdn 02 Malanggaten, Kebakramat, Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013&#xD; </title><creator>MARYATUN, MARYATUN</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model practice rehearsal pairs. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan teknik practice rehearsal pairs.&#xD; Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas/Class Room Action Research (CAR). Pelaksanaan dilakukan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian&#xD; adalah siswa kelas IV SDN 02 Malanggaten. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model practice rehearsal pairs dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar yang terlihat dari&#xD; adanya peningkatan partisipasi aktif siswa dalam diskusi kelompok, kemampuan mengidentifikasi pembelajaran dengan model practice rehearsal pairs.&#xD; Peningkatan proses pembelajaran ini mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa. Keaktifan siswa dalam bertanya sebelum tindakan 12,5 %, pada siklus I adalah 31,2 %, pada siklus II adalah 81,25 %. Keaktifan siswa dalam menjawab&#xD; pertanyaan sebelum tindakan 6,2 %, pada siklus I adalah 37,5 %, pada siklus II adalah 75 %. Keaktifan siswa dalam bersikap sebelum tindakan 12,5 %, pada&#xD; siklus I adalah 37,5 %, pada siklus II adalah 75 %. Keaktifan siswa dalam mengerjakan soal secara mandiri sebelum tindakan 31,2 %, pada siklus I adalah&#xD; 56,25 %, pada siklus II adalah 75 %. Nilai hasil belajar IPS siswa sebelum tindakan hanya 31,25 % dengan rata-rata nilai 56,5 sedangkan pada siklus I, nilai&#xD; hasil belajar siswa meningkat menjadi 62,5 % dengan nilai rata-rata 70,31. Pada siklus II nilai hasil belajar siswa yang mencapai KKM adalah 81,25 % dengan rata-rata nilai 74,06.&#xD; </description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22623/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22623/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22623/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22623/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22623/5/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22623/6/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22623/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22623/10/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22623/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> MARYATUN, MARYATUN (2012) Penerapan Model Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs (Praktek Berpasangan) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Sdn 02 Malanggaten, Kebakramat, Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510091031</relation><recordID>22623</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author MARYATUN, MARYATUN
title Penerapan Model Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs (Praktek Berpasangan) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Sdn 02 Malanggaten, Kebakramat, Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/22623/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22623/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22623/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22623/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22623/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22623/6/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22623/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22623/10/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22623/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22623/
contents Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model practice rehearsal pairs. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar dengan menggunakan teknik practice rehearsal pairs. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas/Class Room Action Research (CAR). Pelaksanaan dilakukan sebanyak 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 02 Malanggaten. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model practice rehearsal pairs dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar yang terlihat dari adanya peningkatan partisipasi aktif siswa dalam diskusi kelompok, kemampuan mengidentifikasi pembelajaran dengan model practice rehearsal pairs. Peningkatan proses pembelajaran ini mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa. Keaktifan siswa dalam bertanya sebelum tindakan 12,5 %, pada siklus I adalah 31,2 %, pada siklus II adalah 81,25 %. Keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum tindakan 6,2 %, pada siklus I adalah 37,5 %, pada siklus II adalah 75 %. Keaktifan siswa dalam bersikap sebelum tindakan 12,5 %, pada siklus I adalah 37,5 %, pada siklus II adalah 75 %. Keaktifan siswa dalam mengerjakan soal secara mandiri sebelum tindakan 31,2 %, pada siklus I adalah 56,25 %, pada siklus II adalah 75 %. Nilai hasil belajar IPS siswa sebelum tindakan hanya 31,25 % dengan rata-rata nilai 56,5 sedangkan pada siklus I, nilai hasil belajar siswa meningkat menjadi 62,5 % dengan nilai rata-rata 70,31. Pada siklus II nilai hasil belajar siswa yang mencapai KKM adalah 81,25 % dengan rata-rata nilai 74,06.
id IOS2728.22623
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:44:50Z
last_indexed 2016-09-22T02:44:52Z
recordtype dc
_version_ 1765810739160809472
score 17.538404