Penerapan Model Pembelajaran ARIAS Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri Pajang 1 No. 93 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013

Main Author: SETIYOWATI, YUNI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/22619/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22619/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22619/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22619/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22619/6/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22619/7/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22619/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22619/11/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22619/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22619/
ctrlnum 22619
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/22619/</relation><title>Penerapan Model Pembelajaran ARIAS Untuk Meningkatkan Motivasi&#xD; Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri Pajang 1 No. 93 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013</title><creator>SETIYOWATI, YUNI </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan&#xD; menggunakan beberapa model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran arias dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata&#xD; pelajaran IPA kelas V SD Negeri Pajang1 No. 93 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta. Dalam penelitian tindakan kelas ini subjek penerima tindakan adalah siswa&#xD; kelas V SD Negeri Pajang 1 yang berjumlah 46 siswa, subjek pelaku tindakan yaitu guru kelas V. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, tes,wawancara, dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan&#xD; dengan menggunakan tehnik diskriptif kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar yang berdampak pula pada peningkatan hasil belajar. Rata-rata motivasi belajar siswa&#xD; pra siklus sebesar 47,83%, siklus I sebesar 60,87%, dan siklus II sebesar 82,61%. Sedangkan nilai hasil belajar siswa pra siklus, jumlah siswa yang mencapai KKM&#xD; sebesar 27 siswa (58,70%), siklus I jumlah siswa yang mencapai KKM sebesar 34 siswa (73,91%), dan siklus II jumlah siswa yang mencapai KKM sebesar 42&#xD; siswa (91,30%).. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Pajang 1 No. 93 Tahun Ajaran 2012/2013.&#xD; </description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22619/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22619/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22619/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22619/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22619/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22619/7/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22619/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22619/11/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22619/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> SETIYOWATI, YUNI (2012) Penerapan Model Pembelajaran ARIAS Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri Pajang 1 No. 93 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510090168</relation><recordID>22619</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author SETIYOWATI, YUNI
title Penerapan Model Pembelajaran ARIAS Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri Pajang 1 No. 93 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/22619/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22619/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22619/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22619/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22619/6/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22619/7/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22619/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22619/11/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22619/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22619/
contents Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran arias dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Pajang1 No. 93 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta. Dalam penelitian tindakan kelas ini subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri Pajang 1 yang berjumlah 46 siswa, subjek pelaku tindakan yaitu guru kelas V. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, tes,wawancara, dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan dengan menggunakan tehnik diskriptif kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar yang berdampak pula pada peningkatan hasil belajar. Rata-rata motivasi belajar siswa pra siklus sebesar 47,83%, siklus I sebesar 60,87%, dan siklus II sebesar 82,61%. Sedangkan nilai hasil belajar siswa pra siklus, jumlah siswa yang mencapai KKM sebesar 27 siswa (58,70%), siklus I jumlah siswa yang mencapai KKM sebesar 34 siswa (73,91%), dan siklus II jumlah siswa yang mencapai KKM sebesar 42 siswa (91,30%).. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Pajang 1 No. 93 Tahun Ajaran 2012/2013.
id IOS2728.22619
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:44:50Z
last_indexed 2016-09-22T02:44:52Z
recordtype dc
_version_ 1765810739147177984
score 17.538404