Penerapan Model Pembelajaran ARIAS Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri Pajang 1 No. 93 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013
Main Author: | SETIYOWATI, YUNI |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/22619/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/22619/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/22619/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/22619/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/22619/6/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/22619/7/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/22619/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/22619/11/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/22619/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/22619/ |
ctrlnum |
22619 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/22619/</relation><title>Penerapan Model Pembelajaran ARIAS Untuk Meningkatkan Motivasi
Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri Pajang 1 No. 93 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013</title><creator>SETIYOWATI, YUNI </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan
menggunakan beberapa model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran arias dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran IPA kelas V SD Negeri Pajang1 No. 93 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta. Dalam penelitian tindakan kelas ini subjek penerima tindakan adalah siswa
kelas V SD Negeri Pajang 1 yang berjumlah 46 siswa, subjek pelaku tindakan yaitu guru kelas V. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, tes,wawancara, dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan
dengan menggunakan tehnik diskriptif kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar yang berdampak pula pada peningkatan hasil belajar. Rata-rata motivasi belajar siswa
pra siklus sebesar 47,83%, siklus I sebesar 60,87%, dan siklus II sebesar 82,61%. Sedangkan nilai hasil belajar siswa pra siklus, jumlah siswa yang mencapai KKM
sebesar 27 siswa (58,70%), siklus I jumlah siswa yang mencapai KKM sebesar 34 siswa (73,91%), dan siklus II jumlah siswa yang mencapai KKM sebesar 42
siswa (91,30%).. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Pajang 1 No. 93 Tahun Ajaran 2012/2013.
</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22619/1/HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22619/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22619/3/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22619/4/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22619/6/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22619/7/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22619/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22619/11/LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22619/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> SETIYOWATI, YUNI (2012) Penerapan Model Pembelajaran ARIAS Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri Pajang 1 No. 93 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A510090168</relation><recordID>22619</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
SETIYOWATI, YUNI |
title |
Penerapan Model Pembelajaran ARIAS Untuk Meningkatkan Motivasi
Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Negeri Pajang 1 No. 93 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013 |
publishDate |
2012 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/22619/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/22619/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/22619/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/22619/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/22619/6/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/22619/7/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/22619/9/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/22619/11/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/22619/12/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/22619/ |
contents |
Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan
menggunakan beberapa model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran arias dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata
pelajaran IPA kelas V SD Negeri Pajang1 No. 93 Kecamatan Laweyan Kota Surakarta. Dalam penelitian tindakan kelas ini subjek penerima tindakan adalah siswa
kelas V SD Negeri Pajang 1 yang berjumlah 46 siswa, subjek pelaku tindakan yaitu guru kelas V. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, tes,wawancara, dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan
dengan menggunakan tehnik diskriptif kualitatif yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar yang berdampak pula pada peningkatan hasil belajar. Rata-rata motivasi belajar siswa
pra siklus sebesar 47,83%, siklus I sebesar 60,87%, dan siklus II sebesar 82,61%. Sedangkan nilai hasil belajar siswa pra siklus, jumlah siswa yang mencapai KKM
sebesar 27 siswa (58,70%), siklus I jumlah siswa yang mencapai KKM sebesar 34 siswa (73,91%), dan siklus II jumlah siswa yang mencapai KKM sebesar 42
siswa (91,30%).. Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Pajang 1 No. 93 Tahun Ajaran 2012/2013.
|
id |
IOS2728.22619 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:44:50Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:44:52Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810739147177984 |
score |
17.538404 |