Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Ipa Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Pencocokan Kartu Indeks Pada Siswa Kelas Iv Sdn 01 Gebyog Upt Pud Nfi Dan Sd Kecamatan Mojogedang Tahun Pelajaran 2012/2013
Main Author: | DEWI , DEVI AYU MARLINA |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/22359/1/03_HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/22359/2/04_BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/22359/4/05_BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/22359/5/06_BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/22359/7/07_BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/22359/9/08_BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/22359/11/09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/22359/12/10_LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/22359/15/02_PUBLIKASI_KARYA_ILMIAH.pdf http://eprints.ums.ac.id/22359/ |
Daftar Isi:
- Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif Pencocokan Kartu Indeks pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Gebyog Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis pene litian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas atau Classroom Action Research (CAR). Penelitian tindakan kelas dilakukan bersifat diskriptif kualitatif. Sumber data utama adalah peneliti yang melakukan tindakan dan siswa yang menerima tindakan, serta sumber data dokumentasi. Pengambilan data dilakukan dengan metode observasi, metode tes, dan dengan dokumentasi. Pada awal kondisi Belajar dari sejumlah 38 anak diperoleh data tentang motivasi bertanya hanya 18,4%, perhatian 13%, mengerjakan tugas 23%, semangat untuk mengikuti pembelajaran 31,5% dan kerjasama kelompok 15,7%. Pada silkus III mencapai indikator pencapaian penelitian dengan motivasi bertanya 78,94%, perhatian 84,21%, mengerjakan tugas 89,48%, semangat untuk mengikuti pembelajaran 89,48% dan kerjasama kelompok 94,70%. Prosentase keberhasilan siswa yang nilai di atas KKM pada pra tindakan adalah 47,37%, pada siklus I meningkat menjadi 57,90%, pada siklus II meningkat lagi menjadi 76,32%, dan pada siklus III meningkat menjadi 89,48%.. Berdasarkan rincian peningkatan kemampuan di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif Pencocokan Kartu Indeks dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada peserta didik kelas IV SD Negeri 01 Gebyog Tahun Pelajaran 2012/2013.