Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam materi ajar Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA kelas X karya Engkos Kosasih terbitan Erlangga tahun 2008, (2) mendeskripsikan pengimplementasian nilai-nilai pendidikan karakter ke dalam empat ketrampilan berbahasa pada materi ajar Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA kelas X karya Engkos Kosasih terbitan Erlangga tahun 2008. Sumber data penelitian ini berupa nilai-nilai pendidikan karakter dan pengimplementasian nilai-nilai pendidikan karakter ke dalam empat ketrampilan berbahasa pada materi ajar Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA kelas X karya Engkos Kosasih terbitan Erlangga tahun 2008. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi (Content Analisis) dan analisis interaktif. Hasil penelitian yang diperoleh: nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam materi ajar Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA kelas X karya Engkos Kosasih terbitan Erlangga tahun 2008 sejumlah 42 data nilai pendidikan karakter dengan rincian (1) religius terdapat 5 data, (2) bertanggung jawab terdapat 5 data, (3) bergaya hidup sehat terdapat 1 data, (4) disiplin terdapat 3 data, (5) kerja keras terdapat 2 data, (6) percaya diri terdapat 1 data, (7) berjiwa wirausaha terdapat 1 data, (8) berpikir logis, kritis dan inovatif terdapat 4 data, (9) mandiri terdapat 1 data, (10) ingin tahu terdapat 2 data, (11) cinta ilmu terdapat 2 data, (12) sadar akan hak dan kewajiban diri dan orang lain terdapat 2 data, (13) patuh pada aturan-aturan sosial terdapat 2 data, (14) menghargai karya dan prestasi orang lain terdapat 3 data, (15) demokrasi terdapat 3 data, (16) peduli sosial dan lingkungan terdapat 3 data, (17) nasionalis terdapat 2 data, dan (20) menghargai keberagaman terdapat 2 data. Dari segi pengimplementasian ke dalam empat ketrampilan berbahasa pada materi ajar Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA kelas X karya Engkos Kosasih terbitan Erlangga tahun 2008 dengan rincian (1) ketrampilan mendengarkan terdapat 7 nilai pendidikan karakter, (2) ketrampilan berbicara terdapat 4 nilai pendidikan karakter, (3) ketrampilan membaca terdapat 6 nilai pendidikan karakter, dan (4) ketrampilan menulis terdapat 9 nilai pendidikan karakter.