Pengelolaan Pembelajaran Matematika Berbasis Bimbingan Orang Tua (Studi Situs SD Pringapus 03, Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang)
ctrlnum |
22166 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/22166/</relation><title>Pengelolaan Pembelajaran Matematika Berbasis Bimbingan Orang Tua (Studi Situs SD Pringapus 03, Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang)</title><creator> Sudjarwo, Bambang</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Karakteristik
pelaksanaan pembelajaran matematika berbasis bimbingan orang tua di SD
Pringapus 03 Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang. (2) Karakteristik peran
orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran matematika berbasis bimbingan orang
tua di SD Pringapus 03 Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di SD Negeri
Pringapus 03. Nara sumber dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan
orang tua siswa. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian
ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan model analisis yaitu pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini
meliputi credibility, transferability, dependability, dan confermability.
Hasil dari penelitian ini (1) Kegiatan pembelajaran matematika berbasis
bimbingan orang tua dilakukan oleh paguyuban orang tua siswa yang
beranggotakan orang tua siswa dari semua kelas. Namun untuk saat ini hanya
paguyuban orang tua siswa kelas VI yang berjalan dengan baik. Pelaksanaan
pembelajaran matematika berbasis bimbingan orang tua dilakukan dengan cara
mengulang materi pelajaran yang telah diajarkan oleh guru di sekolah dan
mengerjakan soal-soal prediksi ujian nasional. Paguyuban orang tua siswa
memberikan jam pelajaran tambahan yang dilaksanakan pada sore atau malam
hari di sekolah. Evaluasi dalam pembelajaran matematika berbasis bimbingan
orang tua tidak dilakukan oleh guru, namun para guru tetap melakukan kegiatan
evaluasi pembelajaran matematika di sekolah. Proses evaluasi dalam
pembelajaran dapat dilakukan melalui tiga tahapan yaitu evaluasi awal atau pre
test, ketika proses pembelajaran sedang berlangsung dan post test atau evaluasi
akhir. (2) Orang tua melakukan kerjasama dengan sekolah dalam meningkatkan
kualitas siswa. Peran serta orang tua dapat dikembangkan dalam upaya menopang
prestasi belajar anaknya yaitu dengan memberi motivasi. Orang tua dapat
memberikan motivasi dengan cara memberikan hadiah. Orang tua dapat
memberikan fasilitas belajar yang memadai untuk belajar dirumah. Orang tua
memberikan pantauan pada saat siswa sedang belajar. Karena bila anak
mengalami kesulitan dalam belajar memudahkan orang tua untuk membantunya.
Kata kunci: pengelolaan pembelajaran matematika, orang tua,</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22166/3/HALAMAN_DEPAN_BAMBANG-SUDJARWO.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22166/1/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22166/4/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22166/5/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22166/7/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22166/9/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22166/10/BAB_VI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22166/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22166/14/NASKAH_PUBLIKASI_BAMBANG.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22166/16/LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Sudjarwo, Bambang (2012) Pengelolaan Pembelajaran Matematika Berbasis Bimbingan Orang Tua (Studi Situs SD Pringapus 03, Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>Q100100300</relation><recordID>22166</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Sudjarwo, Bambang |
title |
Pengelolaan Pembelajaran Matematika Berbasis Bimbingan Orang Tua (Studi Situs SD Pringapus 03, Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang) |
publishDate |
2012 |
topic |
LB Theory and practice of education |
url |
http://eprints.ums.ac.id/22166/3/HALAMAN_DEPAN_BAMBANG-SUDJARWO.pdf http://eprints.ums.ac.id/22166/1/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/22166/4/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/22166/5/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/22166/7/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/22166/9/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/22166/10/BAB_VI.pdf http://eprints.ums.ac.id/22166/12/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/22166/14/NASKAH_PUBLIKASI_BAMBANG.pdf http://eprints.ums.ac.id/22166/16/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/22166/ |
contents |
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Karakteristik
pelaksanaan pembelajaran matematika berbasis bimbingan orang tua di SD
Pringapus 03 Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang. (2) Karakteristik peran
orang tua dalam pelaksanaan pembelajaran matematika berbasis bimbingan orang
tua di SD Pringapus 03 Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di SD Negeri
Pringapus 03. Nara sumber dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan
orang tua siswa. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian
ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan model analisis yaitu pengumpulan data, reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini
meliputi credibility, transferability, dependability, dan confermability.
Hasil dari penelitian ini (1) Kegiatan pembelajaran matematika berbasis
bimbingan orang tua dilakukan oleh paguyuban orang tua siswa yang
beranggotakan orang tua siswa dari semua kelas. Namun untuk saat ini hanya
paguyuban orang tua siswa kelas VI yang berjalan dengan baik. Pelaksanaan
pembelajaran matematika berbasis bimbingan orang tua dilakukan dengan cara
mengulang materi pelajaran yang telah diajarkan oleh guru di sekolah dan
mengerjakan soal-soal prediksi ujian nasional. Paguyuban orang tua siswa
memberikan jam pelajaran tambahan yang dilaksanakan pada sore atau malam
hari di sekolah. Evaluasi dalam pembelajaran matematika berbasis bimbingan
orang tua tidak dilakukan oleh guru, namun para guru tetap melakukan kegiatan
evaluasi pembelajaran matematika di sekolah. Proses evaluasi dalam
pembelajaran dapat dilakukan melalui tiga tahapan yaitu evaluasi awal atau pre
test, ketika proses pembelajaran sedang berlangsung dan post test atau evaluasi
akhir. (2) Orang tua melakukan kerjasama dengan sekolah dalam meningkatkan
kualitas siswa. Peran serta orang tua dapat dikembangkan dalam upaya menopang
prestasi belajar anaknya yaitu dengan memberi motivasi. Orang tua dapat
memberikan motivasi dengan cara memberikan hadiah. Orang tua dapat
memberikan fasilitas belajar yang memadai untuk belajar dirumah. Orang tua
memberikan pantauan pada saat siswa sedang belajar. Karena bila anak
mengalami kesulitan dalam belajar memudahkan orang tua untuk membantunya.
Kata kunci: pengelolaan pembelajaran matematika, orang tua, |
id |
IOS2728.22166 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:44:42Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:44:43Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810737310072832 |
score |
17.538404 |