ctrlnum 22116
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/22116/</relation><title>Membangun Game Main Kata Dengan Macromedia Flash</title><creator>WALUYO, AGUS SRI </creator><subject>QA75 Electronic computers. Computer science</subject><description>Dewasa ini banyak orang-orang tidak mengerti cara penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Untuk menghindari keadaan yang lebih parah dan&#xD; makin ditinggalkan, alangkah baiknya jika melatih menggunakan bahasa Indonesia diajarkan dari usia anak-anak agar nanti di waktu dewasa sudahterbiasa dengan bahasa nasional ini. Cara mendidik agar anak mau menerima&#xD; adalah dengan metode game interaktif, karena waktu bermain bisa sambil belajar. Model Game interaktif pada penelitian ini penulis ambil dari sebuah acaragame kuis bernama &#x201C;Main Kata&#x201D; yang ditayangkan di suatu acara televisi swasta.&#xD; Game ini lebih lebih ditekankan pada tampilan animasi-animasi agar menarik. Permainan yang disajikan dengan model permainan yang berbeda-beda seperti: pilih kata, susun kata, cari kata, teka-teki silang dan isian kata. Untuk tahap-tahap perancangan yang dimulai dari analisa kebutuhan dan data, perancangan dan pembuatan, pengujian sistem hingga yang terakhir yaitu penulisan laporan.&#xD; Hasil akhir dari tahap-tahapan tersebut ternyata telah menghasilkan sebuah sistem yang dapat membantu pengguna untuk menyediakan media hiburan yang mendidik. Sehingga membuat pengguna yaitu anak merasa lebih menyenangkan,&#xD; tidak mudah bosan dan rasa panasaran yang akan membuat anak menjadi semangat lagi untuk belajar. Dengan bukti hasil kuisioner untuk mengukur manfaat dan tujuan dari sistem ternyata telah tercapai dengan bukti 83% anak&#xD; mengatakan setuju tentang nilai positif pada game ini karena sifat game yang mendidik.&#xD; </description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22116/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22116/3/04._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22116/5/05._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22116/6/06._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22116/7/07._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22116/8/08.__BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22116/10/09._Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22116/13/10._Lampiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/22116/14/02._Naskah_Publikasi.pdf</identifier><identifier> WALUYO, AGUS SRI (2012) Membangun Game Main Kata Dengan Macromedia Flash. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>L200080125</relation><recordID>22116</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author WALUYO, AGUS SRI
title Membangun Game Main Kata Dengan Macromedia Flash
publishDate 2012
topic QA75 Electronic computers. Computer science
url http://eprints.ums.ac.id/22116/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22116/3/04._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22116/5/05._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22116/6/06._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22116/7/07._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22116/8/08.__BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22116/10/09._Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22116/13/10._Lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22116/14/02._Naskah_Publikasi.pdf
http://eprints.ums.ac.id/22116/
contents Dewasa ini banyak orang-orang tidak mengerti cara penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Untuk menghindari keadaan yang lebih parah dan makin ditinggalkan, alangkah baiknya jika melatih menggunakan bahasa Indonesia diajarkan dari usia anak-anak agar nanti di waktu dewasa sudahterbiasa dengan bahasa nasional ini. Cara mendidik agar anak mau menerima adalah dengan metode game interaktif, karena waktu bermain bisa sambil belajar. Model Game interaktif pada penelitian ini penulis ambil dari sebuah acaragame kuis bernama “Main Kata” yang ditayangkan di suatu acara televisi swasta. Game ini lebih lebih ditekankan pada tampilan animasi-animasi agar menarik. Permainan yang disajikan dengan model permainan yang berbeda-beda seperti: pilih kata, susun kata, cari kata, teka-teki silang dan isian kata. Untuk tahap-tahap perancangan yang dimulai dari analisa kebutuhan dan data, perancangan dan pembuatan, pengujian sistem hingga yang terakhir yaitu penulisan laporan. Hasil akhir dari tahap-tahapan tersebut ternyata telah menghasilkan sebuah sistem yang dapat membantu pengguna untuk menyediakan media hiburan yang mendidik. Sehingga membuat pengguna yaitu anak merasa lebih menyenangkan, tidak mudah bosan dan rasa panasaran yang akan membuat anak menjadi semangat lagi untuk belajar. Dengan bukti hasil kuisioner untuk mengukur manfaat dan tujuan dari sistem ternyata telah tercapai dengan bukti 83% anak mengatakan setuju tentang nilai positif pada game ini karena sifat game yang mendidik.
id IOS2728.22116
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:44:40Z
last_indexed 2016-09-22T02:44:40Z
recordtype dc
_version_ 1765810737169563648
score 17.538404