Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Perawat Dengan Citra Rumah Sakit Di RSUP Dr Soeradji Tirtonegoro Klaten
Main Author: | Susanti, Eska Nela |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/21953/1/3._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/21953/2/4._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/21953/4/5._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/21953/6/6._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/21953/11/7._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/21953/12/8._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/21953/14/9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/21953/19/10._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/21953/20/2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/21953/ |
ctrlnum |
21953 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/21953/</relation><title>Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Perawat Dengan Citra Rumah Sakit Di RSUP Dr Soeradji Tirtonegoro Klaten</title><creator>Susanti, Eska Nela</creator><subject>BF Psychology</subject><description>Citra rumah sakit merupakan wujud nyata dari persepsi pelanggan terhadap
pelayanan yang diberikan melalui apa yang diperoleh pelanggan sebagai hasil dari
transaksi antara penyedia dan pengguna jasa serta bagaimana pelanggan
memperoleh jasa tersebut. Citra yang buruk atau negatif akan memberikan
pengaruh yang buruk pula terhadap perusahaan, sebaliknya citra yang baik akan
memberikan pengaruh yang baik pula pada organisasi. Tanpa kualitas pelayanan
perawat yang baik maka baik individu atau masyarakat lain merasakan
ketidaknyamanan terhadap citra rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk : 1)
mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan perawat dengan citra rumah sakit
di rumah sakit, 2) mengetahui peranan kualitas pelayanan perawat terhadap citra
sumah sakit, 3) mengetahui tingkat kualitas pelayanan perawat pada pasien, 4)
mengetahui tingkat citra rumah sakit. Hipotesis yang diajukan, yaitu ada
hubungan positif antara kualitas pelayanan perawat dengan kepuasan pasien.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap kelas tiga ruang
melati empat RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten dan untuk sampel dalam
penelitian ini berjumlah 100 pasien. Pengumpulan data menggunakan Skala
Kualitas Pelayanan Perawat dan Skala Citra Rumah Sakit. Berdasarkan hasil
analisis korelasi product moment diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar
0,688dengan p = 0,000 (p < 0,01) yang menunjukkan bahwa ada hubungan positif
yang sangat signifikan antara kualitas pelayanan perawat dengan citra rumah
sakit. Kualitas pelayanan perawat tergolong tinggi yang ditunjukkan oleh rerata
empirik sebesar 143,40 dan rerata hipotetik sebesar 115. Selain itu untuk citra
rumah sakit tergolong sedang yang ditunjukkan olehrerata empirik sebesar 113,68
dan rerata hipotetik sebesar 95.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan positif yang sangat
signifikanantara kualitas pelayanan perawat dengancitra rumah sakit.</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21953/1/3._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21953/2/4._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21953/4/5._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21953/6/6._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21953/11/7._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21953/12/8._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21953/14/9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21953/19/10._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21953/20/2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Susanti, Eska Nela (2012) Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Perawat Dengan Citra Rumah Sakit Di RSUP Dr Soeradji Tirtonegoro Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>F100080138</relation><recordID>21953</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Other:Karya Ilmiah Other PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview File:application/pdf File |
author |
Susanti, Eska Nela |
title |
Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Perawat Dengan Citra Rumah Sakit Di RSUP Dr Soeradji Tirtonegoro Klaten |
publishDate |
2012 |
topic |
BF Psychology |
url |
http://eprints.ums.ac.id/21953/1/3._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/21953/2/4._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/21953/4/5._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/21953/6/6._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/21953/11/7._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/21953/12/8._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/21953/14/9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/21953/19/10._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/21953/20/2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/21953/ |
contents |
Citra rumah sakit merupakan wujud nyata dari persepsi pelanggan terhadap
pelayanan yang diberikan melalui apa yang diperoleh pelanggan sebagai hasil dari
transaksi antara penyedia dan pengguna jasa serta bagaimana pelanggan
memperoleh jasa tersebut. Citra yang buruk atau negatif akan memberikan
pengaruh yang buruk pula terhadap perusahaan, sebaliknya citra yang baik akan
memberikan pengaruh yang baik pula pada organisasi. Tanpa kualitas pelayanan
perawat yang baik maka baik individu atau masyarakat lain merasakan
ketidaknyamanan terhadap citra rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk : 1)
mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan perawat dengan citra rumah sakit
di rumah sakit, 2) mengetahui peranan kualitas pelayanan perawat terhadap citra
sumah sakit, 3) mengetahui tingkat kualitas pelayanan perawat pada pasien, 4)
mengetahui tingkat citra rumah sakit. Hipotesis yang diajukan, yaitu ada
hubungan positif antara kualitas pelayanan perawat dengan kepuasan pasien.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap kelas tiga ruang
melati empat RSUP Dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten dan untuk sampel dalam
penelitian ini berjumlah 100 pasien. Pengumpulan data menggunakan Skala
Kualitas Pelayanan Perawat dan Skala Citra Rumah Sakit. Berdasarkan hasil
analisis korelasi product moment diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar
0,688dengan p = 0,000 (p < 0,01) yang menunjukkan bahwa ada hubungan positif
yang sangat signifikan antara kualitas pelayanan perawat dengan citra rumah
sakit. Kualitas pelayanan perawat tergolong tinggi yang ditunjukkan oleh rerata
empirik sebesar 143,40 dan rerata hipotetik sebesar 115. Selain itu untuk citra
rumah sakit tergolong sedang yang ditunjukkan olehrerata empirik sebesar 113,68
dan rerata hipotetik sebesar 95.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan positif yang sangat
signifikanantara kualitas pelayanan perawat dengancitra rumah sakit. |
id |
IOS2728.21953 |
institution |
Universitas Muhammadiyah Surakarta |
institution_id |
249 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta |
library_id |
555 |
collection |
Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta |
repository_id |
2728 |
subject_area |
Agama Ekonomi Farmasi |
city |
KOTA SURAKARTA |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS2728 |
first_indexed |
2016-09-22T02:44:37Z |
last_indexed |
2016-09-22T02:44:37Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1765810736441851904 |
score |
17.538404 |