Peningkatan Antusias Belajar Membaca Permulaan Melalui Alat Peraga Gambar Pada Siswa Kelas II SDN Durensawit 01 Kecamatan Kayen Kabupaten Pati Th 2012/2013
Main Author: | Darwati, Darwati |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/21652/1/1.__Caver%2C_Perstn%2C_kat_Pgt%2C__dftar_isi%2C_Abstrk.pdf http://eprints.ums.ac.id/21652/2/2._Bab_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/21652/5/3._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/21652/6/4._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/21652/8/5._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/21652/9/6._BAB_V_PENUTUP.pdf http://eprints.ums.ac.id/21652/10/7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/21652/11/8.__LAMPIRAN_SKRIPSI.pdf http://eprints.ums.ac.id/21652/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Antusias Belajar Siswa Dalam Membaca Permulaan menggunakan media alat peraga gambar. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas II SD Negeri Durensawit 01 yang berjumlah 15 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Teknik uji validitas data menggunakan analisis komperaktif dan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap identifikasi masalah, persiapan, penyusunan rencana. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masingmasing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu : perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan antusias belajar siswa dalam membaca permulaan melalui media alat peraga gambar. Adapun peningkatan antusias pembelajaran dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam membaca permulaan yang meningkat dalam antusias belajar sebesar 67% atau 10 Siswa dan pada siklus II sebesar 87% atau 13 siswa. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan media alat peraga gambar mampu meningkatkan antusias membaca permulaan siswa