ctrlnum 21622
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/21622/</relation><title>Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar PKn Melalui Pembelajaran Tematik dengan Media Gambar pada Siswa Kelas I Semester I SD Negeri Pesagi 02 Kecamatan Kayen Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2012/2013</title><creator>Tisnawati, Martiana Dwi </creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Pelaksanaan proses pembelajaran dalam penelitian ini guru memilih serta menggunakan metode pembelajaran tematik dan media pembelajaran yang berupa media gambar. Penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan belajar PKn. Bentuk dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas I semester I SD Negeri Pesagi 02 tahun pelajaran 2012/2013. Adapun jumlah siswa kelas I adalah 25 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keaktifan siswa melalui penggunaan media gambar, yakni keaktifan pada pra siklus sebesar 40 %, peningkatan keaktifan siklus I sebesar 72 % atau 15 siswa dan peningkatan keaktifan siklus II mencapai 92 % atau 23 siswa. Untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa melalui media gambar digunakan pula beberapa indikator keaktifan sebagai pedoman guru antara lain mendengar penjelasan guru, kerjasama kelompok, memberi kesempatan teman berpendapat, mendengarkan teman berpendapat, saling membantu, bertanya pada teman/guru jika tidak paham soal, terlibat dalam memecahkan masalah, mencari informasi untuk memecahkan masalah, melatih diri dalam memecahkan masalah, dan menilai kemampuan dirinya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media gambar dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.&#xD; </description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21622/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21622/3/04._BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21622/5/05._BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21622/6/06._BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21622/8/07._BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21622/10/08._BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21622/12/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21622/14/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21622/15/10._LAMPIRAN.pdf</identifier><identifier> Tisnawati, Martiana Dwi (2012) Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar PKn Melalui Pembelajaran Tematik dengan Media Gambar pada Siswa Kelas I Semester I SD Negeri Pesagi 02 Kecamatan Kayen Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A54E090097</relation><recordID>21622</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Tisnawati, Martiana Dwi
title Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar PKn Melalui Pembelajaran Tematik dengan Media Gambar pada Siswa Kelas I Semester I SD Negeri Pesagi 02 Kecamatan Kayen Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2012/2013
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/21622/1/03._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21622/3/04._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21622/5/05._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21622/6/06._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21622/8/07._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21622/10/08._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21622/12/09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21622/14/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21622/15/10._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21622/
contents Pelaksanaan proses pembelajaran dalam penelitian ini guru memilih serta menggunakan metode pembelajaran tematik dan media pembelajaran yang berupa media gambar. Penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan belajar PKn. Bentuk dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas I semester I SD Negeri Pesagi 02 tahun pelajaran 2012/2013. Adapun jumlah siswa kelas I adalah 25 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keaktifan siswa melalui penggunaan media gambar, yakni keaktifan pada pra siklus sebesar 40 %, peningkatan keaktifan siklus I sebesar 72 % atau 15 siswa dan peningkatan keaktifan siklus II mencapai 92 % atau 23 siswa. Untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa melalui media gambar digunakan pula beberapa indikator keaktifan sebagai pedoman guru antara lain mendengar penjelasan guru, kerjasama kelompok, memberi kesempatan teman berpendapat, mendengarkan teman berpendapat, saling membantu, bertanya pada teman/guru jika tidak paham soal, terlibat dalam memecahkan masalah, mencari informasi untuk memecahkan masalah, melatih diri dalam memecahkan masalah, dan menilai kemampuan dirinya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media gambar dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa.
id IOS2728.21622
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:44:28Z
last_indexed 2016-09-22T02:44:28Z
recordtype dc
_version_ 1765810734513520640
score 17.538404