Peningkatan Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Melalui Penerapan Metode Simulasi Pada Siswa Kelas V Semester I SD Negeri Plosomalang 02 Kecamatan Gabus Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2012/2013

Main Author: Andriyani , Yulia
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/21618/1/3._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21618/2/4._BAB_1.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21618/4/5._BAB_2.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21618/5/6._BAB_3.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21618/6/7._BAB_4.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21618/8/8._BAB_5.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21618/9/9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21618/12/10._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21618/13/2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21618/
ctrlnum 21618
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/21618/</relation><title>Peningkatan Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Melalui Penerapan Metode Simulasi Pada Siswa Kelas V Semester I SD Negeri Plosomalang 02 Kecamatan Gabus Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2012/2013 &#xD; &#xD; </title><creator>Andriyani , Yulia </creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) melalui penerapan metode simulasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Plosomalang 02 Kecamatan Gabus Kabupaten Pati yang berjumlah 18 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik uji validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Peningkatan motivasi belajar dapat dilihat dari hasil tes prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada prasiklus persentase ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) sebesar 7 siswa (38,9%), siklus I sebesar 12 siswa (66,7%) dan pada siklus II sebesar 18 siswa (100,0%). Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode simulasi mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21618/1/3._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21618/2/4._BAB_1.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21618/4/5._BAB_2.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21618/5/6._BAB_3.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21618/6/7._BAB_4.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21618/8/8._BAB_5.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21618/9/9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21618/12/10._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21618/13/2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Andriyani , Yulia (2012) Peningkatan Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Melalui Penerapan Metode Simulasi Pada Siswa Kelas V Semester I SD Negeri Plosomalang 02 Kecamatan Gabus Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A54E090119</relation><recordID>21618</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Andriyani , Yulia
title Peningkatan Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Melalui Penerapan Metode Simulasi Pada Siswa Kelas V Semester I SD Negeri Plosomalang 02 Kecamatan Gabus Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2012/2013
publishDate 2012
topic LB1501 Primary Education
url http://eprints.ums.ac.id/21618/1/3._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21618/2/4._BAB_1.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21618/4/5._BAB_2.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21618/5/6._BAB_3.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21618/6/7._BAB_4.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21618/8/8._BAB_5.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21618/9/9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21618/12/10._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21618/13/2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21618/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) melalui penerapan metode simulasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Plosomalang 02 Kecamatan Gabus Kabupaten Pati yang berjumlah 18 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik uji validitas data menggunakan bentuk trianggulasi sumber dan trianggulasi waktu. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari 3 komponen, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian meliputi tahap: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Peningkatan motivasi belajar dapat dilihat dari hasil tes prasiklus, siklus I dan siklus II. Pada prasiklus persentase ketuntasan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) sebesar 7 siswa (38,9%), siklus I sebesar 12 siswa (66,7%) dan pada siklus II sebesar 18 siswa (100,0%). Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan metode simulasi mampu meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).
id IOS2728.21618
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:44:28Z
last_indexed 2016-09-22T02:44:28Z
recordtype dc
_version_ 1765810734496743424
score 17.538404