Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (Tai) Di Kelas IV Semester I SD Negeri Pakem 02 Sukolilo Pati Tahun Pelajaran 2012/2013

Main Author: Utami , Puji
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/21570/1/3._halaman_depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21570/4/4._BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21570/5/5._BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21570/6/6._BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21570/9/7._BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21570/14/8._BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21570/15/9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21570/16/2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21570/22/10._lampiran-lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21570/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Pakem 02 yang berjumlah 17 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Adapun peningkatan hasil dapat dilihat dari prosentase keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I prosentase keaktifan siswa sebesar 71% atau 12 siswa yang aktif dan pada siklus II sebesar 88% atau 15 siswa yang aktif. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika.