Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (Tai) Di Kelas IV Semester I SD Negeri Pakem 02 Sukolilo Pati Tahun Pelajaran 2012/2013
Main Author: | Utami , Puji |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/21570/1/3._halaman_depan.pdf http://eprints.ums.ac.id/21570/4/4._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/21570/5/5._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/21570/6/6._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/21570/9/7._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/21570/14/8._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/21570/15/9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/21570/16/2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/21570/22/10._lampiran-lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/21570/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Pakem 02 yang berjumlah 17 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa dan guru. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Adapun peningkatan hasil dapat dilihat dari prosentase keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika dari siklus I dan siklus II. Pada siklus I prosentase keaktifan siswa sebesar 71% atau 12 siswa yang aktif dan pada siklus II sebesar 88% atau 15 siswa yang aktif. Hal ini membuktikan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika.