Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menghitung Luas Trapesium Dan Layang-Layang Melalui Media Gambar Dan Puzzle Bangun Datar Siswa Kelas V SD Negeri 2 Karangnongko Kecamatan Karangnongko Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013

Main Author: Hastuti, Endah
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/21560/1/Halaman__Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21560/2/BAB___I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21560/3/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21560/4/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21560/5/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21560/6/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21560/16/DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21560/18/lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21560/21/Naskah_Publikasi_Karya_Ilmiah.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21560/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika melalui pembelajaran dengan media gambar dan puzzle bangun datar trapezium dan layang-layang dengan melakukan perbaikan pembelajaran pada siswa SD Negeri 2 Karangnongko tahun pelajaran 2012/2013. Sebelumnya perlu diketahui bahwa penelitian ini mengambil dua siklus pembelajaran. Hal tersebut dilakukan karena pada siklus dua sudah mencapai indikator pencapaian yaitu sebesar 70%. Jumlah siswa kelas v SD Negeri 2 Karangnongko berjumlah 19 siswa dengan kemampuan anak yang berbeda-bada. Perlu diketahui pada refleksi awal ditemukan bahwa matematika pelajaran yang tidak disukai oleh siswa dan dalam penyampaiannya guru dengan pembelajaran konvensional sehingga nilai rata-rata 52 dengan ketuntasan 42% (9 siswa). Pembelajaran dengan media gambar bangun datar dan puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan selama melakukan perbaikan pembelajaran. Pada siklus I nilai rata-rata 67 dengan ketuntasan sebesar 68% (13 siswa) dengan kategori baik dan siklus II nilai rata-rata menjadi 86 dengan ketuntasan belajar 95% (18 siswa) dengan kategori sangat baik. Upaya yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu menggunakan media gambar dan puzzle terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pelajaran matematika siswa kelas V SD Negeri 2 Karangnongko kapupaten Klaten tahun pelajaran 2012/2013.