Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan sifat komutatif penjumlahan dan perkalian bilangan bulat pada siswa kelas V SD N 2 Brajan Prambanan tahun pelajaran 2012/2013, menggunakan penerapan metode Strategi Inqury. Penelitian ini tergolong jenis Penelitian Tindakan Kelas, dengan subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD N 2 Brajan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi diskusi test. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Prosedur dalam penelitian ini dilakukan dalam empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan dengan menggunakan metode Strategi Inquiry sebanyak 45 % sudah mencapai KKM. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak 71% dan pada siklus II sebanyak 100% siswa yang sudah mencapai nilai KKM. Berdasarkan hasil analisis data pada penelitian tindakan kelas ini hasil belajar meningkat. Hipotesis yang menyatakan “ Melalui penerapan metode Strategi Inquiry pada materi ketrampilan penjumlahan bilangan bulat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V semester gasal SD Negeri 2 Brajan tahun pelajaran 2012/2013” terbukti dan dapat diterima kebenarannya.