ctrlnum 21547
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/21547/</relation><title>Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Discovery Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kotesan Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2012 / 2013 &#xD; &#xD; </title><creator>Rohani. HZ, Rohani. HZ</creator><subject>LB Theory and practice of education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan motivasi dan hasil belajar IPA melalui metode discovery pada siswa kelas IV di SD Negeri Kotesan Prambanan Klaten, jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), terdiri dari empat tahapan yaitu; perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Kotesan Prambanan Klaten yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, tes dan wawancara.&#xD; Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa selama penerapan metode discovery mengalami peningkatan. Sebagai indikatornya adalah aktivitas siswa semakin terfokus pada kegiatan pembelajaran, selain itu bimbingan guru pada setiap tahapan semakin intensif dan efektif. Begitu juga dasil belajar siswa telah mengalami peningkatan. Pada pre tes hanya 11 siswa atau 39,3% yang mengalami ketuntasan yang ditetapkan, meningkat menjadi 14 siswa atau 50% pada siklus I. Sedangkan pada siklus II siswa yang mengalami ketuntasan sebanyak 25 siswa atau 89,3%. Kesimpulan penelitian ini, pembelajaran IPA materi benda dan sipatnya dengan pendekatan discovery bagi anak dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar serta mampu memberikan situasi belajar dikelas menjadi aktif, sehingga membangkitkan minat belajar siswa.&#xD; </description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21547/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21547/2/3._BAB_1.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21547/3/4._BAB_2.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21547/4/5._BAB_3.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21547/7/6._BAB_4.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21547/9/7._BAB_5.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21547/10/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21547/12/9._LAMPIRAN.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21547/13/9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf</identifier><identifier> Rohani. HZ, Rohani. HZ (2012) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Discovery Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kotesan Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2012 / 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A54B090033</relation><recordID>21547</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Rohani. HZ, Rohani. HZ
title Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Discovery Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kotesan Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2012 / 2013
publishDate 2012
topic LB Theory and practice of education
url http://eprints.ums.ac.id/21547/1/2._HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21547/2/3._BAB_1.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21547/3/4._BAB_2.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21547/4/5._BAB_3.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21547/7/6._BAB_4.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21547/9/7._BAB_5.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21547/10/8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21547/12/9._LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21547/13/9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21547/
contents Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan motivasi dan hasil belajar IPA melalui metode discovery pada siswa kelas IV di SD Negeri Kotesan Prambanan Klaten, jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), terdiri dari empat tahapan yaitu; perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri Kotesan Prambanan Klaten yang berjumlah 28 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas siswa selama penerapan metode discovery mengalami peningkatan. Sebagai indikatornya adalah aktivitas siswa semakin terfokus pada kegiatan pembelajaran, selain itu bimbingan guru pada setiap tahapan semakin intensif dan efektif. Begitu juga dasil belajar siswa telah mengalami peningkatan. Pada pre tes hanya 11 siswa atau 39,3% yang mengalami ketuntasan yang ditetapkan, meningkat menjadi 14 siswa atau 50% pada siklus I. Sedangkan pada siklus II siswa yang mengalami ketuntasan sebanyak 25 siswa atau 89,3%. Kesimpulan penelitian ini, pembelajaran IPA materi benda dan sipatnya dengan pendekatan discovery bagi anak dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar serta mampu memberikan situasi belajar dikelas menjadi aktif, sehingga membangkitkan minat belajar siswa.
id IOS2728.21547
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:44:25Z
last_indexed 2016-09-22T02:44:27Z
recordtype dc
_version_ 1765810734031175680
score 17.538404