Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk meningkatkan proses pembelajaran jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa kelas V SD Negeri 1 Bentangan tahun ajaran 2012/ 2013. (2) untuk meningkatkan aktivitas belajar pada siswa kelas V SD Negeri 1 Bentangan, Wonosari, Klaten Tahun Ajaran 2012/ 2013. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus, dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 1 Bentangan, sebanyak 40 siswa yang terdiri dari 22 siswa putra dan 18 putri. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi ( Pengamatan), wawancara, dokumentasi, dan tes. Langkah pelaksanaan penelitian tindakan kelas ada 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi, secara berkesinambungan. Hasil penelitian ini adalah (1) rata-rata kelas pada awal sebelum diadakan PTK adalah 61,00 dan setelah dilaksanakan PTK siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 68,00 dengan KKM 65, rata-rata tersebut sudah berada di atas KKM. Pada siklus II rata-rata menjadi 71,00 dengan KKM 65, rata-rata siswa tersebut sudah berada diatas KKM, namun ada 5 siswa yang nilainya di bawah KKM. Kesimpulan dari penelitian adalah (1) pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar pembelajaran PKn pada siswa kelas V SD Negeri 1 Bentangan. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar berada di atas KKM. (2) Proses pembelajaran model kooperatif jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar PKn pada siswa kelas V SD Negeri 1 Bentangan.