Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan pemahaman materi pembelajaran IPA kelas IV, (2) Meningkatkan hasil belajar siswa melalui alat peraga gambar pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Gempol. Penelitian ini menggunakan bentuk penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Gempol sebanyak 15 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi (pengamatan), wawancara, kajian dokumen, dan tes. Sedangkan langkah pelaksanaan penelitian tindakan kelas ada 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi itu berkesinambungan. Hasil penelitian ini adalah (1) rata-rata kelas meningkat yaitu pada awal sebelum tindakan PTK sebesar 53,00 dan setelah dilaksanakan PTK pada siklus I nilai-rata-rata menjadi 67,33 dengan KKM 65, rata-rata siswa sudah berada di atas KKM, namun ada 6 siswa yang nilainya masih di bawah KKM, sedangkan pada siklus II rata-ratanya menjadi 78,67, namun masih ada 2 siswa yang nilainya masih di bawah KKM, (2) adanya peningkatan prosentase ketuntasan yaitu sebelum diadakan PTK adalah 33,33% meningkat menjadi 60,00% pada siklus I sedangkan pada siklus II menjadi 86,67%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan alat peraga gambar dapat meningkatkan kemampuan materi bagian-bagian dan fungsi panca indera manusia dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Gempol. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan siswa dan nilai siswa peningkatan rata-rata nilai siswa.