Penggunan Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Dalam Upaya Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas IV Semester 1 Di SDN 3 Taskombang Kecamatan Manisrenggo, Tahun Pelajaran 2012/2013

Main Author: CH.AMBARWATI, CH.AMBARWATI
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/21516/1/HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21516/3/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21516/4/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21516/6/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21516/7/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21516/8/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21516/11/daftar_pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21516/13/LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21516/14/NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21516/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi pembelajaran Numbered Haeads Together (NHT) dalam upaya meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar Ilmu Pengetahun Sosial. Penelitian ini disusun dengan metode Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDN 3 Taskombang, Kecamatan Manisrenggo, Kabupaten Klaten yang terdiri dari 14 siswa. Pengumpulan data menggunakan observasi, dan wawancara. Setelah dilakukan analisis data hasil penelitian diperoleh kesimpulan pada kondisi awal, dari 14 siswa hanya terdapat 3 siswa yang aktif. Melalui penggunaan strategi pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada siklus I, tingkat keaktifan siswa meningkat, namun belum sesuai dengan yang diharapkan yaitu masih terdapat 7 siswa yang pasif, atau hanya terdapat 50 % siswa yang aktif. Pada siklus II masih digunakan strategi pembelajaran yang sama namun dilakukan tindakan yang berbeda dengan membagikan gambar kepada masing-masing siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan keaktifan, dari jumlah 14 siswa terdapat 12 siswa yang aktif, baik itu aktif menjawab, aktif menyampaikan pendapat/tanggapan, maupun aktif bertanya. Secara prosentase terdapat 85 % siswa yang aktif. Berdasarkan keseluruhan siklus yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Numbered Head Together (NHT) telah mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SDN 3 Taskombang. Setiap siklus yang dilalui membawa dampak positif ke arah peningkatan keaktifan siswa kelas IV SDN 3 Taskombang Tahun Pelajaran 2012 / 2013