Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan efektifitas penggunaan peraga yang berupa macam-macam gambar dalam pembelajaran IPA pada materi pengaruh matahari bagi bumi dan menganalisis penggunaan alat peraga bermacam-macam gambar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas berlangsung 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas II SDN 1 Mlese dengan jumlah siswa 23 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan yang pertama, ada peningkatan prestasi belajar IPA pada pengaruh matahari terhadap bumi melalui penerapan media gambar bagi siswa kelas II SD Negeri 1 Mlese. Hal ini ditunjukkan dari meningkatnya nilai prestaasi belajar IPA. Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar IPA adalah 66,9 dengan jumlah siswa yang memperoleh nilai di atas KKM (≥65) ada 15 anak dan yang kurang dari KKM ada 8 anak, dan pada siklus II menjadi 80,7 dengan jumlah siswa yang memperoleh nilai di atas KKM (≥65) ada 22 anak dan yang kurang dari KKM ada 1 anak. Dengan demikian, penggunaan media gambar efektif untuk menarik hasil siswa II SDN 1 Mlese dalam memahami Pengaruh Matahari Bagi Bumi.