Penerapan Metode Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Jiwan Karangnongko Klaten Tahun Ajaran 2012/2013
Main Author: | Wahyuningsih, Sri |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/21479/1/03_HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/21479/2/04_BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/21479/3/05_BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/21479/4/06_BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/21479/5/07_BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/21479/6/08_BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/21479/7/09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/21479/8/10_LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/21479/11/02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/21479/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui metode Make A Match. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Jiwan yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 16 laki-laki dan 16 perempuan dan obyek penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data dengan observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa sebelum ada tindakan adalah 58,6. Setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan metode Make A Match pada siklus I rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 64,4 pada siklus II rata -rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 76,9. Secara keseluruhan dengan menerapkan metode Make A Match mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Siswa kelas IV SD Negeri 2 Jiwan.