Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Penjumlahan Dan Pengurangan Pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Bantuan Benda-Benda Konkret Pada Siswa Kelas I SDN 2 Gatak TP. 2012/2013
Main Author: | Nurharyanti, Ana |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/21474/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/21474/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/21474/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/21474/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/21474/6/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/21474/7/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/21474/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/21474/9/lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/21474/11/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/21474/ |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah Meningkatkan kemampuan siswa dalam operasi penjumlahan dan pengurangan pada mata pelajaran matematika dengan bantuan benda-benda kongkrit berupa: kerikil, daun, ranting, gambar dsb sebagai alat berhitung siswa dalam kegiatan menjumlahkan dan mengurangkan suatu bilangan pada siswa kelas I Sekolah Dasar Negeri 2 Gatak, Kecamatan Ngawen , Kabupaten Klaten. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 1 dengan jumlah siswa laki-laki 3 dan siswa perempuan 6. Sebelum diadakan perbaikan hanya terdapat 2 siswa yang dapat mencapai nilai KKM 65, pada siklus I siswa yang mencapai KKM menjadi 5 siswa, dan pada siklus II meningkat menjadi 8 siswa yang bisa mencapai KKM, artinya dari 9 siswa, ada 8 siswa yang tuntas mencapai KKM. Dari penelitian ini dapat dilihat adanya peningkatan kemampuan siswa sebagai berikut: Rata-rata sebelum diadakannya perbaikan 59,83, siklus I meningkat menjadi 64,61, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 74,56. Ini membuktikan bahwa penggunaan bantuan benda-benda kongkrit dapat meningkatkan kemampuan siswa pada mata pelajaran matematika dalam penjumlahan dan pengurangan.