Penerapan Metode Think Pair Share Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Ips Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Blimbing, Karangnongko, Klaten Tahun 2012/2013
Main Author: | Nurjanah, Tri Hastuti |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/21473/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/21473/2/Bab_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/21473/4/Bab_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/21473/6/Bab_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/21473/7/Bab_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/21473/9/Bab_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/21473/11/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/21473/13/Lampiran.pdf http://eprints.ums.ac.id/21473/16/Naskah_Publikasi.pdf http://eprints.ums.ac.id/21473/ |
Daftar Isi:
- Rumusan masalah sebagai berikut: (1) Apakah dengan penerapan metode Think Pair Share dapat meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Blimbing, Karangnongko, Klaten? (2) Apakah dengan penerapan metode Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Blimbing, Karangnongko, Klaten? Tujuan penelitian ini adalah (1) Ingin meningkatkan motivasi belajar IPS siswa IV SD Negeri 1 Blimbing, Karangnongko, Klaten tahun 2012/2013 dengan penerapan metode Think Pair Share dalam pembelajaran IPS, dan (2) Ingin mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Blimbing, Karangnongko, Klaten setelah diterapkan metode Think Pair Share menerapkan metode Think Pair Share dalam pembelajaran. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah siswa IV SD Negeri 1 Blimbing, Karangnongko, Klaten yang berjumlah 22 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif komparatif, yaitu membandingkan nilai tes dan skor motivasi belajar siswa dari kondisi awal, siklus I dan siklus II dan direfleksi. Hasil penelitian adalah: (1) Dengan menerapkan metode Think Pair Share dapat meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Blimbing, Karangnongko, Klaten tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini dapat dilihat dari hasil penghitungan yang menunjukkan rata-rata motivasi belajar pada siklus I adalah 69,7% naik 21,2%% menjadi 90,9 pada siklus II. (2) Dengan menerapkan metode Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Blimbing, Karangnongko, Klaten tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini ditunjukkan dengan adanya kenaikan nilai rata-rata sebesar 14% dari 67,5 pada kondisi awal menjadi 78,6 pada siklus II.