Peningkatan Kemampuan Bercerita Melalui Pemanfaatan Media Gambar Pada Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Pertiwi Kraguman 02 Jogonalan Klaten Tahun 2012
Main Author: | Juwaeni, Yayuk |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/21458/1/3._HALAMAN_DEPAN_SKRIPSI.pdf http://eprints.ums.ac.id/21458/2/3._HALAMAN_DEPAN_SKRIPSI.pdf http://eprints.ums.ac.id/21458/3/5._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/21458/5/6._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/21458/6/7._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/21458/7/8._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/21458/9/9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/21458/19/10._LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/21458/17/2._Jurnal_Yayuk.pdf http://eprints.ums.ac.id/21458/ |
Daftar Isi:
- Tujuan Penelitian adalah meningkatkan kemampuan bercerita melalui pemanfaatan media gambar pada anak kelompok B Taman Kamak-Kanak Pertiwi Kraguman 02 tahun pelajaran 2012/2013. Subjek penelitian adalah anak taman Kanak-kana Pertiwi Kraguman 02 Jogonalan, Klaten yang berjumlah 14 anak. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif model interaktif yang meliputi: reduksi, sajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitain berupa kesimpulan bahawa: (1) Pemanfaatan media gambar dalam pembelajaran bercerita dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelompok B Taman Kanak-Kanak Pertiwi Kraguman 02 tahun pelajaran 2012/2013. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan rata-rata hasil belajar dari 14,3% pada kondisi awal, menjadi 64,3% pada siklus I, dan 93,9% pada siklus II, dan peningkatan persentase ketuntasan dari 45% pada kondisi awal menjadi 63% pada siklus I, dan 81% pada siklus II, (siklus akhir).(2) Hipotesis tindakan yang berbunyi: Pemanfaatan media gambar dalam pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelompok B Taman Kanak-Kanak Pertiwi Kraguman 02 tahun pelajaran 2012/2013, dapat diterima. Hal ini terbukti dengan keterangan-keterangan yang diperoleh selama penelitian