Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui teknik bermain peran yang meliputi: pengertian berbicara, tujuan berbicara, tahap perkembangan berbicara anak, pengertian bermain, fungsi bermain bagi anak, pengertian bermain peran, dan jenis-jenis bermain peran. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan kelas dengan proses siklus, dalam setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan teknik bermain peran untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak, subyek penelitian adalah anak didik kelompok B TK Pertiwi Dukuh dengan jumlah 15 anak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak. Pada siklus I kemampuan anak mencapai 53% meningkat menjadi 80% pada siklus II.