Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Teknik Bermain Peran Anak Kelompok B TK Pertiwi Dukuh Delanggu Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013
Main Author: | Murtini, Wiwiwk |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/21444/1/0._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/21444/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/21444/3/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/21444/4/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/21444/5/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/21444/6/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/21444/7/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/21444/8/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/21444/10/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/21444/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak melalui teknik bermain peran yang meliputi: pengertian berbicara, tujuan berbicara, tahap perkembangan berbicara anak, pengertian bermain, fungsi bermain bagi anak, pengertian bermain peran, dan jenis-jenis bermain peran. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan kelas dengan proses siklus, dalam setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan teknik bermain peran untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak, subyek penelitian adalah anak didik kelompok B TK Pertiwi Dukuh dengan jumlah 15 anak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknik bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak. Pada siklus I kemampuan anak mencapai 53% meningkat menjadi 80% pada siklus II.