Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak melalui metode bercakap-cakap pada anak kelompok B TK Aisyiyah 2 Gaden Tahun 2012/2013. Penelitian Tindakan Kelas diambil oleh peneliti untuk dilaksanakan di TK Aisyiyah 2 Gaden. Data kemampuan berbahasa lisan anak dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis komperaktif yaitu membandingkan hasil pencapaian anak dengan indikator yang ditargetkan. Analisis data menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa lisan anak meningkat melalui metode bercakap-cakap. Hal ini dapat dilihat adanya peningkatan pada setiap siklus yaitu pra siklus 55,55%, Siklus I 72,44%, Siklus II 79,77%. Menurut data tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbahasa lisan anak dapat meningkatkan dengan metode bercakap-cakap.