ctrlnum 21421
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.ums.ac.id/21421/</relation><title>Upaya Peningkatan Kemampuan Berbahasa Melalui Bercerita Gambar Seri Pada Anak Kelompok B Di TK &#x2018;Aisyiyah Ba Jimbung II Tahun Ajaran 2012/ 2013.&#xD; </title><creator>Basirotun, Basirotun</creator><subject>LB1501 Primary Education</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa melalui bercerita gambar seri pada anak kelompok B di TK &#x2018;Aisyiyah Bustanul Athfal Jimbung II. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas&#xD; (PTK) yang dilaksanakan melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik Kelompok B TK ABA Jimbung II Klaten Tahun Ajaran 2012/ 2013 sebanyak 20&#xD; anak terdiri dari 8 anak laki-laki dan 12 anak perempuan.&#xD; Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kompratif dengan analisis terhadap proses pembelajaran yang terjadi di dalam kelas selama&#xD; penelitian berlangsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui becerita gambar seri anak kelompok B di TK ABA Jimbung II dapat meningkat. Hal ini dapat dibuktikan&#xD; dengan adanya peningkatan kemampuan berbahasa anak yang hanya mencapai 42,18% pada pra siklus menjadi 59,84% pada siklus I dan meningkat menjadi 77,81% pada siklus II. Hal ini juga terlihat dari bertambahnya jumlah anak yang&#xD; kemampuan berbahasanya berkembang dengan baik yaitu dari 9 anak pada waktu pra siklus menjadi 12 anak pada siklus I dan 15 anak pada siklus II. Dengan demikian bercerita gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak&#xD; Kelompok B di TK ABA Jimbung II Tahun Ajaran 2012/ 2013</description><date>2012</date><type>Other:Karya Ilmiah</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21421/1/Halaman_Depan.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21421/2/BAB_I.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21421/5/BAB_II.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21421/7/BAB_III.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21421/8/BAB_IV.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21421/10/BAB_V.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21421/11/Daftar_Pustaka.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21421/13/Lampiran-lampiran.pdf</identifier><type>File:application/pdf</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.ums.ac.id/21421/15/Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf</identifier><identifier> Basirotun, Basirotun (2012) Upaya Peningkatan Kemampuan Berbahasa Melalui Bercerita Gambar Seri Pada Anak Kelompok B Di TK &#x2018;Aisyiyah Ba Jimbung II Tahun Ajaran 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. </identifier><relation>A53BO90004</relation><recordID>21421</recordID></dc>
language eng
format Other:Karya Ilmiah
Other
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
File:application/pdf
File
author Basirotun, Basirotun
title Upaya Peningkatan Kemampuan Berbahasa Melalui Bercerita Gambar Seri Pada Anak Kelompok B Di TK ‘Aisyiyah Ba Jimbung II Tahun Ajaran 2012/ 2013.
publishDate 2012
topic LB1501 Primary Education
url http://eprints.ums.ac.id/21421/1/Halaman_Depan.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21421/2/BAB_I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21421/5/BAB_II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21421/7/BAB_III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21421/8/BAB_IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21421/10/BAB_V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21421/11/Daftar_Pustaka.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21421/13/Lampiran-lampiran.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21421/15/Naskah_Publikasi_Ilmiah.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21421/
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa melalui bercerita gambar seri pada anak kelompok B di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Jimbung II. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan anak didik Kelompok B TK ABA Jimbung II Klaten Tahun Ajaran 2012/ 2013 sebanyak 20 anak terdiri dari 8 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kompratif dengan analisis terhadap proses pembelajaran yang terjadi di dalam kelas selama penelitian berlangsung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui becerita gambar seri anak kelompok B di TK ABA Jimbung II dapat meningkat. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan berbahasa anak yang hanya mencapai 42,18% pada pra siklus menjadi 59,84% pada siklus I dan meningkat menjadi 77,81% pada siklus II. Hal ini juga terlihat dari bertambahnya jumlah anak yang kemampuan berbahasanya berkembang dengan baik yaitu dari 9 anak pada waktu pra siklus menjadi 12 anak pada siklus I dan 15 anak pada siklus II. Dengan demikian bercerita gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berbahasa anak Kelompok B di TK ABA Jimbung II Tahun Ajaran 2012/ 2013
id IOS2728.21421
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
institution_id 249
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
library_id 555
collection Digital Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta
repository_id 2728
subject_area Agama
Ekonomi
Farmasi
city KOTA SURAKARTA
province JAWA TENGAH
repoId IOS2728
first_indexed 2016-09-22T02:44:22Z
last_indexed 2016-09-22T02:44:22Z
recordtype dc
_version_ 1765810733320241152
score 17.538404