Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Problem Solving Pada Siswa Kelas Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Gayamprit, Kecamatan Klaten Selatan, Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2012 / 2013

Main Author: Isbudiyono, Tri
Format: Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf
Bahasa: eng
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://eprints.ums.ac.id/21362/1/03_HALAMAN_DEPAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21362/2/04_BAB__I.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21362/3/05_BAB__II.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21362/5/06_BAB__III.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21362/6/07_BAB__IV.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21362/7/08_BAB__V.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21362/8/09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21362/10/02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21362/11/10_LAMPIRAN.pdf
http://eprints.ums.ac.id/21362/
Daftar Isi:
  • Metode pembelajaran problem solving adalah cara penyajian dengan menjadikan masalah sebagai titik tolak pembahasan yang kemudian dianalisis dan diagnosis untuk mendapatkan jawabannya atau penyelesaian masalahnya oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada kelas V SDN 2 Gayamprit, kecamatan Klaten Selatan, kabupaten Klaten tahun pelajaran 2012 /2013. Penelitian ini mencoba menerapkan metode pembelajaran problem solving pada siswa kelas V, SDN 2 Gayamprit, kecamatan Klaten Selatan, kabupaten Klaten yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini mempunyai tahapan 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan dokumntasi. Pada kondisi awal, sebanyak 73 % atau sekitar 22 siswa dari 30 siswa belum berhasil mendapatkan hasil yang diharapkan. Melalui penerapan metode proble m solving pada kelas V SDN 2 Gayamprit dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa SDN 2 Gayamprit sebesar 73 %.