Peningkatan Kemampuan Berbicara Anak Melalui Metode Bercerita Dengan Media Gambar Pada Kelompok B Taman Kanak-Kanak Pertiwi Geneng Klaten Tahun Pelajaran 2012/2013
Main Author: | Marsiyah, Marsiyah |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/21347/1/HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/21347/2/BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/21347/5/BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/21347/3/BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/21347/10/BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/21347/12/BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/21347/14/DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/21347/15/NASKAH_PUBLIKASI.pdf http://eprints.ums.ac.id/21347/17/LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/21347/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan cerita anak melalui metode bercerita dengan media gambar Kelompok B Tk Pertiwi Geneng Klaten Tahun Pelajaran 2012 / 2013 dan untuk mengetahui berapa besar keberhasilan implementasi dengan Metode gambar dapat meningkatkan kemampuan cerita. Siswa kelompok B Tk Pertiwi Geneng Klaten. Penelitian ini berkolaboratif antara peneliti guru kelas dan kepala sekolah. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif model alur, dengan tiga siklus, yang setiap siklusnya dilakukan dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan cerita anak kelompok B TK Pertiwi Geneng Klaten melalui metode bercerita dengan media gambar sebelum tindakan sampai dengan siklus III yaitu sebelum tindakan 30,41 % siklus I 51,94 %, siklus II 68,19 % dan siklus III 83,88 %. Kesimpulan peneliti ini adalah Melalui Metode Bercerita dapat meningkatkan kemampuan cerita anak kelompok B Tk Pertiwi Klaten Tahun Pelajaran 2012 – 2013.