Upaya Meningkatkan Kemampuan Membilang Melalui Bermain Kartu Angka Pada Anak Kelompok A Di TK ABA Jimbung II Kalikotes Klaten Tahun Ajaran 2012 / 2013
Main Author: | Supini, Sri |
---|---|
Format: | Karya Ilmiah NonPeerReviewed application/pdf |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.ums.ac.id/21320/1/3._HALAMAN_DEPAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/21320/2/4._BAB_I.pdf http://eprints.ums.ac.id/21320/3/5._BAB_II.pdf http://eprints.ums.ac.id/21320/8/6._BAB_III.pdf http://eprints.ums.ac.id/21320/9/7._BAB_IV.pdf http://eprints.ums.ac.id/21320/10/8._BAB_V.pdf http://eprints.ums.ac.id/21320/12/9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf http://eprints.ums.ac.id/21320/14/10._LAMPIRAN.pdf http://eprints.ums.ac.id/21320/15/2._NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf http://eprints.ums.ac.id/21320/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membilang anak dalam pembelajaran melalui bermain kartu angka pada anak kelompok A ABA Jimbung II Kalikotes Kabupaten Klaten tahun 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan TK ABA Jimbung II Kalikotes Klaten. Subyek penelitian adalah anak TK ABA Jimbung II Kalikotes Klaten tahun 2012/2013 yang berjumlah 16 anak. Data kemampuan membilang dikumpulkan melalui metode observasi dan data pelaksanaan metode bermain kartu angka melalui metode observasi dan catatan lapangan. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif kualitatif komperatif yaitu membandingkan hasil tiap siklus. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan membilang melalui bermain kartu angka. Hal ini diketahui dari hasil pada setiap siklus, yaitu siklus I kemampuan membilang anak 74,32 % siklus II meningkat menjadi 84,06 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui bermain kartu angka dapat meningkatkan kemampuan membilang anak.